10 Anime Legendaris Yang Pernah Tayang di Indonesia – WarkopAnime.com
Anime

10 Anime Legendaris Yang Pernah Tayang di Indonesia

Jika bicara masa kecil, selalu tidak ada habisnya. Masa dimana kita bebas bercanda ria tanpa memikirkan tanggung jawab pekerjaan orang dewasa. Banyak hal-hal menyenangkan yang dapat diceritakan dari pengalaman di masa lalu itu. Salah satu dari sekian banyak keceriaan yang kita rasakan adalah kala mengikuti atau menonton serial kartun tv favorit di hari minggu. Kenapa cuma sekedar menonton saja terbilang sangat menyenangkan? Jawabannya jelas, karena keceriaan itu tidak bisa kita rasakan lagi di masa sekarang.

Duduk manis di depan tv mulai dari pagi sampai siang menjelang, sarapan sambil mata memandang ke arah tv, hal itu yang sangat sulit dilupakan, berkesan, indah, nikmatnya terbawa sampai sekarang. Bagi orang tua hal tersebut juga memiliki keuntungan, mereka tidak usah repot membujuk sang buah hati agar tidak bermain keluar rumah, cukup menyalakan tv saja sambil mengawasinya. Tontonan animasi tanpa henti menghiasi layar kaca dengan cerita beragam serta menarik di tiap minggunya.

Sayang seribu sayang, keceriaan diatas tak bisa dinikmati lagi saat ini. Jika kita menyalakan tv di zaman sekarang, sangat jarang kita bisa menemukan tayangan-tayangan animasi seperti dulu, hanya beberapa yang masih bertahan seperti Doraemon, Shinchan, yang masih ada di salah satu stasiun tv swasta tiap minggu pagi. TV sekarang kerap menayangkan acara-acara yang lebih menguntungkan rating, mulai dari live musik dimana mereka heboh sendiri dengan penoton bayarannya, infotainment, sinetron stripping yang tidak kunjung ada tamatnya, dll. Acara tersebut tidak salah, yang salah hanya terlalu over, terlalu banyak, dan sama sekali tidak baik bagi perkembangan anak-anak.

Huh, lupakan masalah diatas, kali ini kita akan mengajak kalian bernostalgia melihat bagaimana keceriaan di masa lalu, 10 tayangan anime dibawah ini bisa dibilang sebagai tontonan wajib dan telah menjadi legenda bagi anak Indonesia dulu. Kira-kira film apa saja? Berikut ulasannya.

 

1. Dragon Ball dan Dragon Ball Z

Sorewa_1_Dragon_Ball

Jika diantara kalian seorang anak generasi 1980 atau 1990-an, kemungkinan masa kecil kalian akan dibesarkan oleh film Dragon Ball setiap akhir pekan. Entri pertama dalam seri trilogi membentang hingga 153 episode dan membawa cerita yang sangat menarik. Sangat menyenangkan. Cerita dikemas seperti petualangan seru dan sangat menantang. Terlebih lagi melihat bagaimana Son Goku bertarung dengan para musuhnya.

Berlanjut di tahun 1996, film ini kembali menyapa masyarakat dunia dengan Dragon Ball Z. Di seri ini lebih seru dibanding dengan sebelumnya. Musuh datang dengan lebih kuat, yakni Frieza dari planet lain dan siap menghancurkan Planet Namec. Anak Goku yang sudah bisa bertarung, Son Gohan dipaksa untuk melawan Frieza menyelamatkan Namec.

Dengan jadwal tayang 1 episode perminggunya, anime yang satu ini saat itu begitu dinantikan setiap akan tayang, karena belum ada internet atau fansub seperti sekarang, episode terbaru hanya kita bisa saksikan di layar tv saja dan yang pasti sangat menyesal bila ketinggalan.

 

2. One Piece

Sorewa_2_One_Piece

One Piece (ワンピース wanpīsu) adalah sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu dari buah iblis. Selama perjalanan Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.

One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke 60 lebih. Versi TV-nya yang diproduksi oleh Toei Animation. Di Indonesia sendiri pernah ditayangkan di RCTI dan Global TV.

 

3. Naruto dan Naruto Shippuden

Sorewa_3_Naruto

Naruto (ナルト) adalah sebuah serial manga karya Masashi Kishimoto yang diadaptasi menjadi serial anime. Manga Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja yang hiperaktif, periang, dan ambisius yang ingin mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan gelar Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya. Serial ini didasarkan pada komik one-shot oleh Kishimoto yang diterbitkan dalam edisi Akamaru Jump pada Agustus 1997

Manga Naruto pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke-43 majalah Shonen Jump. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Popularitas dan panjang seri Naruto sendiri menyaingi Dragon Ball karya Akira Toriyama, sedangkan serial anime Naruto, diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, disiarkan secara perdana di Jepang oleh jaringan TV Tokyo dan juga oleh jaringan televisi satelit khusus anime, seperti Animax dan stasiun televisi lainnya, pada 3 Oktober 2002 sampai sekarang.

Seri pertama terdiri atas 9 musim dan berlangsung 220 episode. Musim pertama dari seri kedua mulai ditayangkan pada tanggal 15 Februari 2007. Di Indonesia sendiri, anime Naruto pernah ditayangkan oleh stasiun televisi Trans TV, Indosiar, yang kemudian ditayangkan lebih lanjut oleh Global TV.

 

4. Gundam

Sorewa_4_Gundam

Gundam (ガンダム, Gandamu) adalah nama dari mecha dalam anime produksi studio Sunrise. Serial anime Gundam tercatat sebagai salah satu serial terpopuler dan terpanjang yang pernah diproduksi oleh Jepang. Ini adalah salah satu serial paling laris di Jepang. Kepopuleran Gundam telah menghasilkan bisnis waralaba yang menguntungkan. Waralaba dari serial Gundam tersebut telah diproduksi dalam berbagai macam format seperti anime, film bioskop, manga, novel, mainan, video game, dan lain sebagainya.

Film ini memulai debutnya dilayar kaca sekitar tahun 1979 silam dengan Mobile Suit Gundam. Seri pertama ini berisi 43 episode yang berakhir pada tahun 1980. Beberapa seri lainnya adalah Mobile Suit Zeta Gundam 1985, Mobile Suit Gundam ZZ 1986, Mobile Suit Victory Gundam 1993, dan Mobile Suit Gundam Unicorn 2009.

Selain Sunrise, anime ini dibuat oleh Bandai Visual. Memiliki 50 episode yang edisi Jepangnya diputar dari 9 Oktober 2004 hingga 1 Oktober 2005 (Mobile Suit Gundam SEED Destiny) di stasiun TV TBS dan MBS. Sementara di Indonesia, Indosiar merupakan stasiun televisi yang mendapatkan hak siar.

 

5. Digimon

Sorewa_5_Digimon

Digimon (デジモン Dejimon) yang merupakan singkatan dari Digital Monster (デジタルモンスター Dejitaru Monsutā) adalah waralaba media dari Jepang untuk anak-anak yang dibuat dalam bentuk anime, manga, permainan video, permainan kartu, mainan, aksesoris barang, dan media lainnya. Diciptakan oleh tokoh misterius yang tidak pernah dikenal publik termasuk perannya dalam penciptaan Digimon yang bernama Akiyoshi Hongo.

Digimon adalah makhluk hidup semacam program kecerdasan buatan yang tersusun atas kumpulan data digital. Mereka memiliki berbagai macam jenis dengan bentuk yang bermacam-macam dan memiliki jurus-jurus serangan serta kemampuan evolusi ke tingkat yang lebih tinggi.

Digimon dirilis pertama kali oleh perusahaan Bandai pada tanggal 26 Juni 1997. Karena kesuksesannya, generasi kedua Digimon dirilis pada bulan Desember tahun itu juga dan diikuti oleh generasi ketiga pada tahun 1998. Untuk konsol permainan, Digimon pertama kali muncul pada konsol Sega Saturn. Digimon sendiri paling dikenal atas animenya. Anime menjadi media yang paling sukses dalam waralaba Digimon, diproduksi oleh Toei Animation dan Bandai. Di Indonesia, Digimon pernah ditayang di Indosiar dari season pertama hingga season kelima.

 

6. Detektif Conan

Sorewa_6_Detektif_Conan

Detektif Conan (名探偵コナン Meitantei Konan) adalah sebuah serial manga detektif yang ditulis dan digambar oleh Gōshō Aoyama. Sejak tahun 1994 cerita ini dipublikasikan pada majalah Mingguan Shōnen Sunday yang terbit di Jepang. Serial ini menceritakan tentang Shinichi Kudo, seorang detektif sekolah menengah atas, yang tubuhnya mengecil akibat sebuah racun.

Kemudian cerita ini diadaptasi ke serial animasi TV diproduksi oleh TMS Entertainment dan Yomiuri Telecasting Corporation Jepang sekitar tahun 1997. Nyaris sama dengan cerita aslinya, Shinichi Kudo yang mengecil akhirnya menyamar menjadi seorang anak SD bernama Conan Edogawa. Untuk membalas dendam, Conan tinggal bersama teman masa kecilnya dulu Ran Mouri. Dia adalah anak dari Kogoro Mouri yang juga seorang detektif swasta.

Aksi Conan memecah kejahatan sangat luar biasa. Dengan cara menyuntikkan jarum bius ke Kogoro, detektif cilik itu kemudian beraksi mengungkap kejahatan dengan menggunakan Kogoro sebagai media agar identitasnya tidak kelihatan. Film Detektif Conan pernah ditayangkan di Indonesia melalui Indosiar.

 

7. Doraemon

Sorewa_7_Doraemon

Doraemon (ドラえもん) adalah judul sebuah manga dan anime populer yang dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak tahun 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 sekolah dasar yang bernama Nobi Nobita (野比のび太) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22.

Doraemon dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial yang akan terjadi di masa depan yang disebabkan karena kebodohan Nobita. Petualangan hidup bersama Nobita, Giant, Suzuka, Suneo, dan Dekisugi membuat banyak masyarakat dunia menyukainya. Unsur komedi anak yang ada di setiap episode menambah serial ini semakin menarik. Di Indonesia, animenya disiarkan oleh RCTI sejak 6 November 1988 hingga sekarang.

 

8. Sailor Moon

Sorewa_8_Sailormoon

Sailor Moon (美少女戦士セーラームーン Bishōjo Senshi Sērā Mūn, dikenal juga dengan nama Pretty Soldier Sailor Moon) adalah judul sebuah franchise terkenal yang diciptakan oleh seniman manga Jepang Naoko Takeuchi. Bercerita tentang kepahlawanan 5 gadis dengan kekuatan super dari elemen-elemen alam dan tata surya melawan berbagai musuh dari kegelapan. Usagi Tsukino, Ami Mizuno (Sailor Mercury), Rei Hino (Sailor Mars), Makoto Kino (Sailor Jupiter), dan Aino Minako (Sailor Venus), mereka memiliki misi mencari sang putri bulan dan Kristal Perak.

Mereka adalah lima tokoh utama, yang sebenarnya juga ada banyak Sailor, seperti Setsuna Meiou (Sailor Pluto), Chibiusa (Sailor Chibi Moon), Haruka Tenou (Sailor Uranus), Michiru Kaioh (Sailor Neptunus), Hotaru Tomoe (Salior Saturnus), serta Mamoru Chiba seorang pemuda tampan berambut hitam yang pada awal seri sering menggoda Usagi. Kehadirannya kerap dihubungkan dengan pahlawan Tuxedo Bertopeng.

Sailor Moon ditayangkan di Indonesia pada tahun 1995 oleh Indosiar dan cukup populer di masa itu, dan pada tahun 2013 lalu sempat ditayangkan kembali di tv yang sama.

 

9. Pokemon

Sorewa_9_Pokemon

Pokémon (ポケモン Pokemon) adalah salah satu waralaba media yang dimiliki oleh perusahaan permainan video Nintendo dan diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada 1995. Pada mulanya, Pokémon adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy. Pokémon merupakan permainan video tersukses kedua di dunia setelah serial Mario yang juga diciptakan oleh Nintendo

Nama Pokemon sendiri merupakan nama romanisasi dari nama Jepang, ‘Pocket Monsters’. Dalam ceritanya, ada 649 spesies fiksi yang muncul di sana. Sementara itu, serial TV Pokemon merupakan pengembangan dari seluruh seri permainan video yang lebih dulu terkenal di Jepang. Karakter utama dalam serial TV Pokemon adalah Ash Ketchum (alias Satoshi di versi Jepang). Ash memiliki satu pokemon yang paling setia bernama Pikachu. Kekuatan Pikachu berasal dari seluruh tubuhnya yang mampu mengeluarkan sengatan listrik tegangan tinggi. Ash bersama teman-temannya (Brock Misty, dan Misty) berusaha untuk mengumpulkan para Pokemon untuk menumpas kejahatan.

Semua properti lisensi Pokémon terdaftar dan dimiliki oleh The Pokémon Company (kawasan Jepang dan Asia, termasuk Indonesia) dan The Pokémon USA, Inc. (untuk kawasan AS, Australia, Amerika Latin, dan Eropa, termasuk Afrika). Semua permainan video, anime, dan manga selalu diperbaharui oleh pihak Pokémon Company setiap waktu.

 

10. Dash Yonkuro

Sorewa_10_Dash_Yonkuro

Dash! Yonkuro (ダッシュ!四駆郎, Dasshu! Yonkurō) awalnya dalah sebuah manga karya Zaurus Tokuda,kemudian manga ini diadaptasi menjadi anime dan langsung menggebrak pasar dengan mengusung tema mobil mainan mini 4WD yang sejatinya sudah lebih dulu marak di Jepang tahun 1982.

Yonkuro nama pemain utama serial ini adalah seorang anak laki-laki yang mengidolakan sang ayah yang tak lain adalah seorang pebalap dunia terkenal. Keahliannya dalam mengemudi dikagumi banyak orang. Itulah alasan Yonkuro menjadikan ayahnya idola dalam kehidupan sehari-harinya.

Bermula dari membentuk tim mini 4 WD dengan nama tak asing didengar saat itu, yakni ‘Dash Warrior’, Yonkuro memulai kariernya cukup gemilang. Dash Warior beranggotakan lima orang, yakni; Yonkuro, Tankuro, Shinkuro, Punkuro dan Rinko yang merupakan pemeran wanita satu-satunya.

Ditayangkan di TVRI setiap hari minggu, berkat adanya film ini banyak masyarakat terutama anak-anak Indonesia seketika menggandrungi mobil mainan yang biasa disebut ‘Tamiya‘.

loading...
Click to comment
To Top