Apa Sih Maid Cafe Itu? Budaya atau Kelucuan dari Jepang Saja? – WarkopAnime.com
Culture

Apa Sih Maid Cafe Itu? Budaya atau Kelucuan dari Jepang Saja?

Maid Cafe. Foto: int

WARKOPANIME.COM – Maid Cafe, kalian pasti sering dengar dan pernah melihat pada saat event-event Jepang, tetapi apa kalian tahu apa itu maid cafe?lalu bagaimana asa-usul maid cefe? dan kapan pertama kali maid cafe itu ada?

Secara singkat Maid Cafe adalah tempat makan dimana para pelayan mengenakan seragam pelayan yang imut dan akan menghibur para pengunjung dengan komentar lucu, bermain game sederhana, dan jika kalian beruntung mereka akan bernyanyi dan menari.

Seperti yang dilansir dari laman gurashii, Kebanyakan Maid Cafe berada di Akibahara, rumah bagi subkultur Jepang. Konsep dari Maid Cafe pertama kali pada tahun 1997, melalui Japanese “ero-ge” atau permainan erotis “Welcome to Pia Carrot” dari perusahaan permainan F&C.

01

Ini adalah simulasi game love 18+, dimana pemain seorang laki-laki remaja mencoba untuk membangun hubungan dengan gadis yang berbeda usia. Semakin dekat pemain dengan salah satu gadis, pemain akan dapat melihat lebih banyak adegan intim antara dua karakter.

Kelucuan dari pakaian yang digunakan dalam permainan menarik banyak popularitas. F&C juga mendapatkan fanbases besar, mendapatkan stan di 1998 Tokyo Character Show. Pada acara yang sama, perusahaan Broccoli memiliki sebuah stan dalam bentuk restoran fantasi-esque.

02

Dan terdapat staf yang ber-cosplay pakaian lucu dengan menjual minuman dan makanan ringan.

Pertama kali Maid Cafe ada pada Desember 1999 pada saat pembukaan “Pia Kyaro Restaurant” di Akibahara untuk waktu yang terbatas. Ini adalah Cosplay Cafe pertama di Jepang. Dan pada Februari 2000 dibuka “GAMERS Cafe” dan Mai 2000 “Cafe de COSPA”.

Terobosan pertama pembukaan Maid Cafe di Akibahara terjadi pada tanggal 3 Maret 2001. “Cure Maid Cafe” dengan semua pelayan mengenakan seragam pelayan. Nama “Cure mengacu pada konsep Jepang yaitu “iyashi” yang berarti “kemenangan” atau “penyembuhan”. (rob/FAJAR)

loading...
Click to comment
To Top