Beberapa Hal Sistem Medis di Jepang yang Patut Kalian Ketahui – WarkopAnime.com
Culture

Beberapa Hal Sistem Medis di Jepang yang Patut Kalian Ketahui

Ilustrasi. Foto: int

WARKOPANIME.COM – Jika Anda ingin kerumah sakit atau klinik di Jepang sepertinya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui karena, Jepang memiliki sistem medis yang sama sekali berbeda dengan yang ada di Indonesia. Klinik dan rumah sakit di Jepang di masing-masing lokasi memiliki jadwal tersendiri.

Beberapa memiliki jam kerja normal (Senin sampai Jumat sekitar Jam 9 pagi sampai 5 sore), beberapa buka pagi hari pada hari Sabtu, beberapa tutup pada sore hari pada hari kerja tertentu, dan sangat bervariasi.

Langsung saja simak ulasannya sebagaimana yang telah dilansir dari laman rocketnews24seperti dibawah ini:

Pemeriksaan Kesehatan Tahunan

Mendapatkan pemeriksaan tahunan adalah sesuatu yang orang lakukan di seluruh dunia. Tapi biasanya dengan sukarela, Anda dapat melakukannya jika Anda inginkan atau tidak. Di Jepang hal seperti ini cukup sering adalah wajib.

Jam buka rumah sakit dan klinik

Jika kalian ingin berobat sebaiknya kalian harus tahu jam bukanya, karena klinik dan rumah sakit di Jepang di masing-masing lokasi memiliki jadwal tersendiri. Beberapa memiliki jam kerja normal (Senin sampai Jumat sekitar Jam 9 pagi sampai 5 sore), beberapa buka pagi hari pada hari Sabtu, beberapa tutup pada sore hari pada hari kerja tertentu, dan sangat bervariasi.

Tetapi rumah sakit dan klinik kadang-kadang dapat tutup secara bersamaan, dan jika Anda sakit dan harus masuk ke ruang gawat darurat Anda harus mengetahui ruang gawat darurat yang masih buka di kota Anda.

Dan baiknya ternyata sebagian rumah sakit dan klinik di Jepang dapat memanggil dokter kerumah Anda. Bahkan banyak dari mereka yang suka itu.

Asuransi kesehatan

Kalau di Indonesia asuransi kesehatan masih belum bagus, tetapi di Jepang itu yang terbaik.

Pertama, mendapatkannya mudah. Selama Anda di Jepang dengan visa selama lebih dari tiga bulan, Anda bisa mendapatkan Asuransi Kesehatan Pekerja (melalui perusahaan tempat Anda bekerja) atau Asuransi Kesehatan Nasional (melalui pemerintah). Yang dibutuhkan hanya beberapa dokumen, beberapa minggu menunggu, dan kemudian Anda sudah mendapatkan kartu Anda.

Kedua, cakupan yang sangat luas. Anda dapat pergi ke rumah sakit atau klinik yang diinginkan. Seperti yang kita tahu di Indonesia tidak semua menerimanya terkadang mereka membuat sebuah alasan untuk menolaknya.

Dan yang terakhir, murah. Anda hanya perlu membayar sekitar lima persen dari hasil bulanan Anda setiap bulan, dan kemudian ketika Anda mengunjungi dokter Anda hanya perlu membayar 30% dari tagihan. Tetapi jangan Anda bandingkan dengan nilai rupiah di Indonesia karena mata uang Yen lebih mahal dari Rupiah, kalau Anda kerja disana Anda dapat merasakan bahwa asuransi kesehatan disana sangat murah.

Beberapa prosedur di Jepang sedikit aneh

Salah satunya adalah menggunakan tirai pada saat Ginekologi (secara harfiah berarti “ilmu mengenai wanita”) adalah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari penyakit-penyakit sistem reproduksi wanita (rahim, vagina dan ovarium). Pada pandangan pertama itu mungkin terdengar bagus, kalian mendapatkan beberapa privasi. Tetapi kalian tidak menggunakan celana dan sedang diperiksa, dan oleh siapa?

Mengekspos bagian pribadi Anda tanpa tidak diketahui orangnya bisa menjadi pengalaman yang cukup menakutkan. Apalagi dengan beberapa fakta bahwa kebanyakan Ginekologi adalah laki-laki. Bahkan ada pengguna Twitter Jepang yang mengatakan bahwa ia tidak suka ada tirai karena tidak membiarkan mereka tahu “apa yang dokter pakai atau apa yang sedang mereka lakukan”.

Dokter adalah Tuhan

Kalau di Indonesia dokter melakukan yang terbaik untuk menjadi ramah, seperti menyabut dengan jabat tangan, mendengar keluhan, bahkan tertawa dan membuat pembicaraan kecil. Tetapi di Jepang ketika Anda masuk ke ruang dokter, berarti Anda telah memasuki ruangan Raja.

Mengajukan pertanyaan sangat tidak dianjurkan, dan Anda hanya boleh mengikuti petunjuk dokter dan kemudian keluar. Meminta sebuah penjelasan mengapa Anda harus meminum obat itu atau yang lainnya itu sering dianggap menghina/ Mereka dokter, jadi mereka tahu yang terbaik, tugas Anda hanya melakukan apa yang mereka katakan. (rob/FAJAR)

 

loading...
Click to comment
To Top