Yuk Intip…Beginilah Proses Studio Pierrot Dalam Membuat Anime Naruto – WarkopAnime.com
Interest

Yuk Intip…Beginilah Proses Studio Pierrot Dalam Membuat Anime Naruto

Image: via Google Image

WARKOPANIME.COM – Pernah sih para Navers tidak ingin tahu apa yang terjadi di balik layar proses pembuatan anime kesayangan kalian Naruto di studio animasi nya? dan apa sih sebenarnya yang mereka lakukan untuk membuatnya sehingga hasilnya dapat kita tonton hingga saat ini.

Nah, untuk kali ini kita akan membahas mengenai beberapa hal yang dibutuhkan untuk membuat sebuah episode dari anime Naruto Shippuden selama di Studio Pierrot! Tanpa basa-basi lagi, yuk kita mulai dan simak ulasannya yah!

Pertama-tama, informasi ini diperbolehkan untuk di share dan sama sekali tidak merupakan tindakan pelanggaran berasal dari Studio Pierrot dan prosedur mereka untuk menciptakan atau membuat anime Naruto ini sebagai bentuk pekerjaan mereka! Ini adalah sebagai bentuk kita mengetahui dan menghargai hasil kerja keras studio selama ini.

Dan kita harus tahu siapa saja orang yang bertanggung jawab dari pihak Studio Pierrot dalam pembuatan anime Naruto Shippuden.

Studio Pierrot merupakan perusahaan animasi asal Jepang yang terletak di Mitaka, Tokyo, Jepang. Perusahaan ini sendiri didirikan pada tahun 1979 dan telah banyak animasi yang dihasilkan dari studio ini salah satunya seperti Yu Yu Hakusho, serta berbagai anime lainnya.

Namun kembali kedalam pembahasan kali ini, kita akan membahas kerja dan keterlibatan mereka dalam pembuatan anime Naruto dan Naruto Shippuden.

Hal pertama dari awal disinilah ada beberapa pekerjaan yang dibutuhkan untuk membuat anime, seperti:

Concept Artist
Storyboard Artist
Art Director
Key Animator
Inbetweener Animator
Sound Designer
Background Artist
Compositing Artist
Script Writer
Voice Actor/Actress

Pekerjaan diatas dikenal juga sebagai bagian pondasi utama yang hampir semua studio animasi harus memilikinya.

Di dalam setiap pekerjaan itu tadi memiliki tanggung jawab mereka sendiri di bidang yang ditangani olehnya, namun apabila ada salah satu orang yang mengacaukan pekerjaan mereka dalam studio maka efek domino konstan yang akan memicu kejatuhan sebuah episode secara cepat.

Bisa dikatakan lain halnya sama saja akan mempengaruhi kinerja serta serta dapat membuat keterlambatan jadwal rilisnya yang sudah ditentukan.

Dari sinilah Director Art yang bertanggung jawab atas setiap episode yang dikerjakan. Dia akan memandu studio seperti apa gaya animasi yang dibawakannya nanti, bagaimana pewarnaannya, waktu, pada dasarnya mereka bertanggung jawab atas seluruh operasi untuk memastikan semuanya berjalan sesuai jadwal.

Pengumpulan Naskah Yang Berupa Sketsa Gambar

Pengumpulan Naskah Yang Berupa Sketsa Gambar

Pada tahap proses kedua ini adalah persiapan scane dan naskah mentah dari film anime Naruto tersebut. Disini para sang Artist memilik peranan yang sangat besar dalam menentukan sebuah keberhasilan dari suatu naskah tersebut hingga menjadi sebuah scane adegan sebuah film anime Naruto yang di inginkan oleh sang sutradara sendiri.

Tak patut di elakkan memang para Artist yang berpengalaman memang ahli dalam mengaplikasikan sebuah susunan kosta kata dari naskah hingga menjadi karya visual nantinya.

Mungkin butuh keahlian lebih teliti lagi pada tahap proses ini para Artist membuat gambar menurut sesuai naskah tersebut. Dengan sebidang meja beralaskan kaca dan dibawah meja tersebut diterangi oleh sebuah cahaya lampu disanalah para Artist ini bekerja pada proses ini.

Proses Artist Pembuat Gambar Sesuai Naskah Diperlukan Ketelitian Tingkat Tinggi

Proses Artist Pembuat Gambar Sesuai Naskah Diperlukan Ketelitian Tingkat Tinggi

Para Artist pembuat anime Naruto ini sebagian dari mereka ada yang ditempatkan dibagian gambar background atau biasa disebut dengan gambar realis. Biasa nya mereka membuat gambar berupa gunung, pemandangan bukit serta lainnya selama yang dibutuhkan dari sebuah naskah tadi. Biasanya mereka menggunakan media cat minyak serta kuas dan lain sebagainya untuk melakukan pembuatan gambar realis tersebut.

Proses Artist Yang Berurusan Mengenai Background

Proses Artist Yang Berurusan Mengenai Background

Proses selanjutnya adalah dimana para artist menggabungkan tiap-tiap gambar yang dibuat sesuai naskah yang diterima. Pada proses ini biasa disebut transisi pergerakan yang dimana dalam proses tersebut dibuat pergerakan dari beberapa lembar kertas yang sudah di gambar oleh para Artist hingga menjadi suatu gerakan animasi yang halus nantinya. Itulah mengapa mereka membuat gambar tersebut diatas meja dengan cahaya lampu dibawahnya karena ini merupakan salah satu teknik dasar membuat pergerakan gambar transisi pada film animasi yang biasa di sebut dengan “SHEET”.

Proses "SHEET"

Proses “SHEET”

Sekiranya sudah cocok dalam sheet diatas maka semua gambar itu nantinya akan di scan untuk pemberian warna yang sesuai diarahkan oleh narator melalui komputer. Di dalam tahap coloring ini ada juga bagian khusus artist yang menanganinya seperti Artist Illustrasi dan juga Artist Digital dari mereka inilah hasil coloring yang dibuat menjadi menakjubkan karena didukung oleh skill yang mereka punya.

Proses Tahap "Coloring"

Proses Tahap “Coloring”

Setelah hasil coloring cukup memuaskan dan sempurna maka akan berlanjut pada step pembuatan video. Pada tahap ini gambar-gambar hasil coloring itu diambil oleh Artist video editor, mereka ini akan memasukan semua efek-efek yang akan diberikan sesuai naskah yang telah diterima. Efek itu sendiri nanti mengenai tentang pencahayaan serta beberapa efek lainnya dan apabila dirasa efek yang diberikan tidak sesuai dengan sang sutradara nantinya akan di cut disini.

Proses Kerja Artist Video Editor

Proses Kerja Artist Video Editor

Menuju tahap akhir pembuatan film anime Naruto ini, mulai dari pembuatan awal hingga video editor akan dijadikan satu dalam sebuah proses yang biasa disebut dengan “RENDERING”. Setelah itu dilakukan preview hasil video tersebut dan apabila disetujui oleh sang produser maka akan dilakukan tahap pengisian dialog suara (Dubbing),Sound Efek,ECHO,Audio level, Sound Mixing serta OST opening dan OST Closing. Dan pada akhirnya proses terjadinya anime Naruto sudah dinyatakan selesai atau siap tayang.

Untitled

Proses Kerja Artist Editor, Audio dan Visual Efect

Jadi bagaimana menurut kalian mengenai pembuatan anime kesayangan kalian Naruto itu ternyata tidak mudah selain itu bisa jadi anime nya bisa terlambat dari jadwal sebelumnya yang sudah ditentukan karena ada beberapa faktor lainnya disana.

Maka dari itu harap bersabar untuk menanti anime kesayangan kalian rilis yah. Dan hargai para pembuat anime dan Masashi Kishimoto dengan membeli karya original mereka yah.(rob/FAJAR)

 

loading...
Click to comment
To Top