Cara Membuat Pancake dengan Rice Cooker Ala Jepang – WarkopAnime.com
Culture

Cara Membuat Pancake dengan Rice Cooker Ala Jepang

WARKOPANIME.COM – Pastinya kalian pernah memakan ataupun mencoba membuat pancake dirumah. Pancake atau bahasa Indonesianya Panekuk adalah kue dadar yang identik berbentuk seperti lapisan-lapisan kue setebal piring yang ditumpuk tinggi disertai saus manis sebagai topingnya.

Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah karena adonan pancake dapat digoreng di wajan rata, namun penahkah kalian mencoba memasak pancake dengan rice cooker atau penanak nasi ?

Di Jepang mereka melakukannya dan hasilnya adalah pancake yang cukup besar dan tentunya cukup menggoda.  Bahkan pancake besar dan bulat ini dibuat dengan berbagai varian rasa dan warna, lihat saja foto-foto pancake-pancake unik dibawah ini.

06 07 08 09 10

Lalu bagaimana carannya membbuat pancake rice cooker ala Jepang ini? pertama harus memiliki alat utama yang dibutuhkan adalah Rice Cooker Mini karena akan terlalu besar jika dibuat dengan rice cooker standar yang cukup lebar.

Untuk memulainya, campur seluruh adonan seperti tepung terigu, telur ayam, gula dan susu langsung dalam loyang penanak nasi. Untuk komposisi adonan sama seperti membuat pancake biasanya.

02

Aduk sehingga membentuk adonan yang diinginkan layaknya gambar dibawah ini.

03

Setelah itu masukkan loyang kedalam penanak dan tekan tombol masak. Sampai disini tugasmu telah selesai dan kamu tinggal menunggu. Pancake akan matang dengan rice cooker paling tidak selama 45 menit.

04

Setelah matang angkat dan putar loyang sehingga pancake keluar dan lihat hasilnya. Membuat pancake ini memiliki satu keunggulan utama yakni tidak boros tempat sehingga lebih sedikit yang dicuci nantinya.

05

Tips dalam membuat pancake ini adalah tidak terlalu memenuhi loyang dengan adonan karena nantinya pancake bisa saja menyatu dengan penutup rice cooker ataupun membuat bagian pancake tidak matang sepenuhnya (meskipun bisa diatasi dengan memasaknya kembali dalam microwave). (rob/FAJAR)

loading...
Click to comment
To Top