Ini Loh…!! Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Kalian – WarkopAnime.com
Tips & Trik

Ini Loh…!! Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Kalian

Mungkin bagi kalian sobat WKN dalam menjalankan rutinitas sehari-hari mungkin sering merasa lelah meskipun sebenarnya harus belajar dimalam harinya tentunya, bukan? Atau kalian tidak bisa konsentrasi lagi ketika belajar?

Kalau merasa benar semua apa yang dikatakan diatas tidak salahnya kalian mencoba hal ini sob. Kalian dapat mencoba trik ini sob, tidak susah kok malah mudah untuk dilakukan oleh kalian agar bisa meningkatkan kemampuan belajar kalian. Lebih jelas kalian bisa simak ulasannya seperti dibawah ini:

 

Motivasi Untuk Belajar Dari Kesalahan

Motivasi untuk belajar dari kesalahan hal ini bisa di percaya atau tidak, sikap negatif lebih mendorong orang untuk belajar lagi dari kesalahan yang pernah dilakukan. Jika orang bersikap negatif terhadap kesalaha yang dibuat sendiri, kalian akan lebih ingat dan terdorong untuk tidak membuat kesalahan yang sama. Menurut studi, mahasiswa yang selalu bersikap bahagia apabila merasa dirinya berprestasi dengan baik, rata-rata nilai yang diperoleh tidak sebaik mereka yang negatif.

 

Menguji Diri Sendiri

Jika kalian seorang siswa atau mahasiswa membaca teks kemudian menguji diri sendiri tentang isi teks tersebut dengan cara menghafal, seminggu setelahnya ia akan ingat informasi hanya 50% lebih banyak daripada mereka yang tidak melakukannya sama sekali. Demikian hasil penelitian ini yang dipublikasikan dalam sebuah majalah sains terkemuka.

 

Seleksi Dalam Informasi

Proses belajar akan berjalan dengan baik jika informasi penting dipisahkan dari informasi yang kurang penting. Informasi juga sebaiknya diorganisir dengan memberikan tanda-tanda tertentu. Kemudian buatlah asosiasi antar tiap informasi. Setelah itu tes diri sendiri, apakah kita sudah paham dengan apa yang didapat dari informasi tersebut?

 

Ketahui Cara Otak Bekerja

Menurut berbagai riset menunjukkan, “Multi tasking” tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Secara biologis manusia tidak mampu memproses beberapa input seperti informasi pada saat bersamaan. Di samping itu juga manusia yang rutin berolahraga lebih unggul dalam hal ingatan, argumentasi, perhatian serta pemecahan dalam masalah dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga.

 

Cukup Mempunyai Waktu

Menyediakan waktu yang cukup untuk belajar sangat efektif dan memberikan hasil yang maksimal. Hasilnya berlawanan jika orang melakukannya secara tergesa-gesa.

 

Minuman Yang Tepat

Minuman yang tepat dan cocok bisa sangat membantu, jika seseorang menikmati minuman yang mengandung gula, sekitar 30 hingga 60 menit menjelang belajar atau melakukan aktivitas lainnya yang dimana orang tersebut harus mengandalkan ingatan atau memberikan perhatian besar pada suatu hal. Alternatif lain dengan minum kopi dan makan donat.

 

Menggerakkan Tangan

Beberapa studi menunjukkan, jika anak-anak belajar sesuatu yang baru sambil menggerakkan tangan mereka akan lebih bisa mengingat informasi yang telah didapat. Sementara jika mereka berbicara tanpa menggerakkan tangan malah efek yang dicapai jauh lebih sedikit.

 

Musik Berefek Negatif

Dalam studi yang dihimpun dalam “Psychology of Music”, 40 orang yang mengikuti sebuah eksperimen. Yang diuji dalam eksperimen ini adalah soal ingatan jangka pendek dan panjang, juga ingatan numerik. Sambil menerima informasi mereka semua mendengarkan musik yang bising dan sedih, musik ramai dan musik yang membuat senang disertai dengan suara keributan sehari-hari dirumah. Hasilnya keributan disertai musik sebagai latar belakang berefek negatif dibandingkan jika orang tidak mendengarkan musik sama sekali.

 

Menulis Dengan Tangan

Jangan mengetik dengan komputer disaat belajar. Menurut Profesor Anne Mangen dari Pusat membaca yang ada di University of Stavanger mengatakan proses membaca dan menulis dengan tangan memerlukan aktivitas sejumlah indra. Jika menulisdengan tangan otak mendapatkan feedback tentang aktivitas motorik dan juga jika menyentuh kertas dan pensil. Semua ini tidak akan ada apabila orang belajar dengan mengetik.

 

Itulah trik untuk meningkatkan kemampuan belajar kalian. Semoga setelah membaca artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian dan tentunya kalian semua bisa mengaplikasikannya didalam kehidupan sehari-hari.

loading...
Click to comment
To Top