Cek Jari Kelingking Kamu! Kalau Bengkok, Berarti Kamu Keseringan Chatting – WarkopAnime.com
Cosplay

Cek Jari Kelingking Kamu! Kalau Bengkok, Berarti Kamu Keseringan Chatting

Sejak ada teknologi SMS, yang namanya mengetik di handphone memang asyik. Lewat SMS kita bisa berkomunikasi tanpa harus capek-capek ngobrol di telepon. Jadi tetep bisa ngobrol walau suara lagi habis karena batuk.

Dan sejak ada smartphone, SMS pun tergantikan oleh chatting. Saking serunya, kadang banyak yang menghabiskan waktu di smartphone hanya untuk chatting. Awas, keseringan chatting di smartphone bisa bikin kamu ngondek loh!

 

Smartphone Pinky, Jari Ngondek Karena Keseringan Chatting

Chatting di LINE atau WhatsApp lebih asyik daripada nelpon karena kita jadi bisa mengungkapkan emosi lewat sticker atau emoji. Tapi siapa sangka jika ternyata keseringan chatting menggunakan smartphone ini mengancam kesehatan kamu? Adalah sindrom Smartphone Pinky, yang dimana jari kelingking kamu akan menjadi bengkok akibat kelamaan chatting menggunakan smartphone.

sindrom smartphone pinky (6)

Penamaan Smartphone Pinky ini merujuk bentuk kelingking orang yang kemayu, dimana bentuknya menjadi ngetril seperti bengkok. Serem kan? Gawat kan kalo nanti jari kamu jadi bengkok dan terlihat ngetril. Bisa-bisa orang berpikir kalo kamu kemayu. Apalagi kalo badannya kekar, tapi jarinya ngetril. Apa kata mertua?

sindrom smartphone pinky (4)

 

Apa Penyebab Smartphone Pinky?

Dave Parsons dari Curtin University, yang Jaka kutip dari Sydney Morning Herald mengatakan bahwa Smartphone Pinky terjadi pada kelingking di tangan yang dominan memegang ponsel, dan umumnya terjadi pada orang yang sering chat di ponsel setidaknya enam jam sehari. Meski tidak beresiko permanen, namun sindrom ini akan membuat bentuk jari menjadi aneh dan terlihat seperti kamu kemayu atau ngondek.

sindrom smartphone pinky (1)

Menurut Parsons, jari kelingking bengkok ini disebabkan cara memegang smartphone yang umumnya menaruh sebagian besar beban smartphone pada jari kelingking saat mengetik di aplikasi chatting. Sementara, jari lainnya berada di sisi yang lebih minim beban. Sehingga menyebabkan pelunakan pada jari kelingking dan memicu perubahan bentuk yang membengkok. Serem kan?

sindrom smartphone pinky (2)

Di tengah isu LGBT yang lagi merebak di Indonesia, tentu jari ngetril yang membuat kamu akan terlihat ngondek ini harus diatasi loh. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mencegah Sindrom Smartphone Pinky

Seperti halnya cara mengobati kecanduan smartphone, kamu harus mengontrol diri agar bisa terhindar dari sindrom ini. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari sindrom ini:

  1. Chatting menggunakan smartphone dengan layar yang luas. Smartphone dengan layar 5,5 inci tidak mungkin digunakan dengan satu tangan kan? Makanya akan membantu kamu menghindari terserangnya sindrom Smartphone Pinky ini. sindrom smartphone pinky (5)
  2. Kurangi aktivitas mengetik di smartphone. Meski smartphone memudahkan kamu untuk bisa tetap produktif kapanpun dimanapun, tapi harus ingat bahwa ada bahaya mengincar bila menggunakannya secara berlebih. Coba sesekali kamu kurangi aktivitas chatting, gantikan dengan kegiatan menelpon. Banyak juga kan aplikasi chatting yang bisa dipake nelpon.

Serem juga kan akibat kecanduan smartphone yang satu ini? Selain Carpal Tunnel, ternyata masih banyak lagi sindrom yang disebabkan oleh perkembangan teknologi yang membuat kecanduan penggunanya ini ya. Makanya, usahakan untuk bisa mengontrol diri dari pesona teknologi yang terus berkembang tiada henti ini ya!

loading...
Click to comment
To Top