Cobain Nih Sob, Cara Bikin Celana Denim Tahan Lama – WarkopAnime.com
Tips & Trik

Cobain Nih Sob, Cara Bikin Celana Denim Tahan Lama

Ilustrasi (Pixabay.com)

WARKOPANIME.COM – Celana denim atau biasa dikenal dengan celana jeans menjadi favorit semua orang. Setiap orang pasti memiliki celana denim di lemari pakaiannya. Anak-anak hingga orang tua lebih keren saat memakai denim.

Agar celana denim ini tahan lama dan awet, maka perlu memerhatikan cara mencucinya. Mencuci celana denim tidak mudah dan membutuhkan cara khusus agar warna tidak cepat pudar. Boldsky, melansir tujuh cara untuk membuat denim tetap awet.

1. Beli Denim Lebih Berat
Semakin tinggi berat denim, akan semakin baik kualitasnya. Jadi, setiap kali ingin membeli denim untuk penggunaan jangka panjang, denim dengan ukuran lebih berat karena mereka bertahan lama.

2. Tepat Ukuran
Pastikan bahwa ukuran denim tersebut pas di tubuh. Pastikan bagian bawah tidak menyentuh lantai tetapi harus menutup bagian atas sepatu. Juga, pastikan bahwa pinggang tidak terlalu longgar dibandingkan dengan pinggul.

3. Cuci Denim Pakai Tangan
Salah satu rahasia untuk membuat denim awet adalah dengan mencuci dengan tangan. Cara ini lebih baik daripada mencuci denim dengan mesin. Karena, akan tetap merawat kualitas jahitan. Isi ember dengan air dingin dan tambahkan 1-2 tetes deterjen.

4. Cuci dengan Air Dingin
Pastikan mencuci denim dengan air dingin. Cuci denim dalam air dingin mencegah warna memudar dan juga membuatnya bertahan lebih lama tanpa banyak usaha. Saat mencuci denim untuk pertama kalinya, tambahkan dua sendok garam agar lebih awet. Perlu diketahui, mencuci denim dalam air panas atau hangat dapat merusak kain.

5. Tambahkan Cuka Saat Mencuci
Denim warna gelap harus ditambahkan cuka saat dicuci. Tambahan setengah cangkir cuka dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur pada kain. Selain itu denim pun lebih harum.

6. Hindari Menggunakan Pemutih
Menambahkan pemutih untuk denim tidak hanya membuat warna pudar tetapi juga menyebabkan beberapa kerusakan serius pada denim. Hal ini juga akan merusak jahitan.

7. Hindari Pengering
Jangan gunakan pengering pakaian. Kemudian gunakan setrika uap atau gunakan setrika yang tidak terlalu panas agar warna denim tak berubah. (FAJAR/JPG)

loading...
Click to comment
To Top