Desainer Asal Jepang Mulai Tekuni Fashion Muslim – WarkopAnime.com
News & Info

Desainer Asal Jepang Mulai Tekuni Fashion Muslim

Plantica, salah satu fashion muslim karya desainer Jepang. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

WARKOPANIME.COM – Tren pakaian Jepang terkenal dengan gaya yang lucu, menarik, dan memiliki ciri khas seperti di film anime atau komik. Itu dulu, kini dunia fesyen Jepang mulai menyadari luasnya pasar fesyen muslim di dunia.

Sehingga fesyen muslim mulai digarap para desainer negeri Sakura tersebut dengan membuat banyak model busana muslim. Salah satunya Plantica karya desainer dan pelukis motif bunga Takashi Kimura.

Takashi bekerjasama dengan para desainer lainnya untuk membuat busana muslim yang saat ini semakin mendunia. Dia banyak berkunjung ke negara muslim untuk melakukan studi banding seperti Arab, Abu Dhabi, Turki, dan Jakarta.

Uniknya lagi, rupanya Takashi adalah seorang muslim dengan nama islam, Fatih. “Sebenarnya saya seorang muslim. Dengan mengunjungi banyak negara muslim, saya banyak kesempatan bertemu kaum muslim dan banyak mempelajari gaya kaum muslimah. Saya pikir kenapa enggak bikin busana muslim oleh saya sendiri,” kata Takashi dalam Japan Fashion Event di Empirica, Jakarta, Kamis malam (12/1).

Takashi mengaku senang dengan motif bunga, karena itu karyanya diberi nama Plantica atau Plant yang berarti tanaman. Dia juga mengadopsi motif tradisional Indonesia yaitu batik. “Saya berkolaborasi dengan desainer Jepang untuk mengaplikasikan pola-pola bunga yang saya bikin,” jelas Takashi.

Takashi membuat konsep busananya dengan campuran gaya Eropa dan Jepang. Dengan enam pola bunga yang didesain, maka model yang memakai karyanya terlihat anggun.

Dalam membuat satu desain pakaian, dia hanya memerlukan waktu 1 bulan. “Semua orang suka dengan bunga. Ada banyak bunga dan saya bikin futuristik style, hanya 1 bulan bikinnya sangat cepat,” tuturnya.

Untuk kain, Takashi suka dengan kain satin yang terlihat elegan. Satin juga cocok di daerah tropis seperti Indonesia. “Pendapat saya, fesyen muslim itu kreatif banget. Dan tren tahun ini, gaya fesyen muslim Eropa style lagi tren. Pakaian muslim memang unik karena banyak ornamennya dan banyak lapisan. Ini menjadi peluang yang bagus,” ungkap Takashi. (FAJAR/JPG)

loading...
Click to comment
To Top