Dragon Ball Super Episode 62, Ternyata Trunks Menjadi Super Saiyan Blue – WarkopAnime.com
Movie

Dragon Ball Super Episode 62, Ternyata Trunks Menjadi Super Saiyan Blue

Image Source: Screenshoot via YouTube

WARKOPANIME.COM – Sebelumnya kita semua dapat melihat bagaimana aksi-aksi dan kejadian tak terduga pada episode 61 anime Dragon Ball Super. Arc ini sendiri semakin menarik dan epik untuk selalu dinantikan kelanjutannya.

Untuk preview lanjutan anime nya di episode 62 kita dapat melihat sekilas mengenai penampakan dari Trunks masa depan memiliki kekuatan yang amat besar itu sesuai dengan judul episode 62 “Super Power of rage explodes.”

Image Source: Otakukart.com

Image Source: Otakukart.com

Sekilas transformasi ini tidak seperti apa yang kita lihat di DBS, tetapi sangat akrab dengan transformasi yang ada di jalan cerita Dragon Ball Z.

Kita tentu belum tahu mengenai perubahan transformasi kekuatan dari Trunks masa depan tapi setidaknya bisa digambarkan transformasi ini setara dengan SSJ pertama Goku atau SSJ 2 pertama transformasi dari Gohan.

Jika berbicara fakta, transformasi kekuatan Trunks masa depan sangat mirip dengan transformasi Gohan Super Saiyan 2 ketika melawan Cell itu jika kalian jeli dalam melihat gerakan sebelum mereka berdua dalam mode transformasi.

Image Source: Screenshoot via Youtube

Image Source: Screenshoot via Youtube

Namun jika berbicara dalam arc DBS kali ini mungkin transformasi Trunk masa depan hampir mendekati perubahan menjadi Super Saiyan Blue tapi dengan cara yang berbeda, dan meskipun kita tidak tahu apakah aura dari transformasi tersebut bisa dikatakan dalam aura atau ki dewa secara pasti.

Dia tentunya mengetahui beberapa ki Dewa seperti yang kita lihat dalam preview episode 62 bahwa dalam transformasi Trunks masa depan memiliki sedikit ki atau aura berwarna biru yang bisa dipastikan itu adalah ki atau aura dewa layaknya seperti Super Saiyan Blue milik Goku dan Vegeta.

Image Source: Screenshoot via Youtube

Image Source: Screenshoot via Youtube

Sekali lagi penjelasan diatas merupakan sebuah teori dari beberapa fakta yang telah diambil dan dirangkum dari berbagai sumber jalan cerita seri Dragon Ball sebelumnya. Jadi apabila teori ini tidak tepat atau tepat itu hanyalah kebenaran dari dugaan yang berdasarkan teori dari fakta tersebut.

Mari kita simak ulasan dan penjelasan terkaitan pernyataan diatas tadi dengan berbagai teori berdasarkan jalan cerita Dragon Ball, seperti dibawah ini:

Pertama, mari kita coba untuk membenarkan kekuatan dari Trunks masa depan. Hal ini tersirat bahwa Trunks masa deoan telah menjadi lebih kuat dari Goku dan Vegeta setelah ia melakukan transformasi tersebut. Setidaknya itulah yang kita tahu berdasarkan sebelum berakhirnya episode 61 dan preview episode 62 Dragon Ball Super.

Dalam preview nya Goku dan Vegeta kembali ke masa lalu (real time) untuk mencari cara untuk mengalahkan Zamas dan Black Goku setelah Trunks masa depan menyuruh dan mempercayai mereka berdua untuk hal itu. Jika kita lihat statment Trunks masa depan, berati kita harus menyakini bahwa kekuatan transformasi dia miliki sekarang setara atau malah menjadi lebih kuat lagi dari SSB Goku dan Vegeta.

Andaikata Trunks masa depan bisa berubah transformasi menjadi Super Saiyan Blue karena sebagian dari aura transformasi dia (jika dilihat dari preview episode 62) memiliki aura kebiruan seperti Super Saiyan Blue, apakah itu tidak aneh atau terlalu dipaksakan dalam teori yang disesuaikan dengan preview episode 62?

Yaps benar, sangat aneh dan dipaksakan karena Goku mendapatkan transformasi SSB tidaklah mudah sebelumnya ia harus melawan Beerus sama hingga dirinya mencapai transformasi baru sebelum SBB yaitu Super Saiyan God. Singkatnya setelah kejadian tersebut Goku dan Vegeta pergi berlatih keras dibawah pelatihan dari Whis yang tak lain adalah tangan kanan sekaligus guru dari Beerus-sama.

super-saiyan-blue-trunks-04

Image Source: Screenshoot via Youtube

Dengan kata lain Goku dan Vegeta telah berlatih setidaknya selama 3 tahun untuk mencapai perubahan transformasi SSB. Bisa dikatakan faktanya jika seandainya Trunks masa depan ingin atau memiliki transformasi SBB harusnya dia berlatih sesuai dengan Goku dan Vegeta lakukan.

Namun nyatanya selama di waktu masa lalu (real time) dirinya tidak berlatih setidaknya untuk melakukan peningkatan kekuatannya sebelum dirinya benar-benar bertarung dengan Zamas dan Black Goku bersama dengan Goku dan Vegeta (episode 61).

Menariknya ada beberapa teori yang bisa membantahkan statment diatas, salah satu contohnya kita sudah tahu bahwa Saiya yang memiliki setengah darah dari bangsa manusia berpotensi jauh lebih aktif daripada darah pure Saiya.

Seperti Gohan yang merupakan anak pertama hasil pernikahan Goku (bangsa asli Saiya) dan Cici (manusia asli penghuni Bumi) jadi ini bisa dikatakan perkawinan silang beda dengan pure darah Saiyan yang pernikahannya dengan sesama bangsa Saiyan.

Disaat Gohan remaja kita tahu bahwa ia merupakan karakter non pure bangsa saiyan yang terkuat selama seri Dragon Ball ini berlangsung. Dengan kata lain non pure bangsa Saiyan berpotensi meningkatkan kekuatannya (agresif) ketimbang pure Saiyan dengan cara mereka berlatih atau mengalami sebuah pertarungan.

Kita pakai posisi diatas dengan Trunks masa depan. Seperti yang diketahui bahwa Trunks masa depan sudah mengalami banyak pertarungan hanya seorang diri (pejuang tunggal di timeline nya). Ia telah mengalahkan Dabura dan Babidi serta menghadapi Black Goku beberapa kali yang berati dia mendapatkan serangan yang cukup sering.

Bangsa Saiyan akan mendapatkan Zenkai setiap kali mereka mendapatkan setiap pukulan dalam pertarungannya. Jadi, seluruh proses tersebut membuat Trunks masa depan menjadi semakin kuat. Kemudian, di pertemuan pertama melwan Zamasu dan Black Goku, itu sudah cukup jelas bahwa Trunks masa depan telah mengembangkan kekuatannya karena ia terus melawan mereka berdua bahkan dalam bentuk SSJ 2 nya.

Terus bagaimana Trunks masa depan dalam transformasinya (dalam preview episode 62) memperoleh aura biru seperti SSB? Jawabannya ialah ada terkaitannya dengan Vegeta yang memberi pelatihan tersendiri untuk Trunks masa depan yang lebih dari apa yang kita lihat selama ini dalam anime nya.

Image Source: Screenshoot via Youtube

Image Source: Screenshoot via Youtube

Hal itu dikonfirmasikan sebelumnya pada saat Trunks masa depan menggunakan sebuah benda yang diberikan oleh Vegeta. Dari sanalah kita melihat Vegeta menunjukkan Trunks dalam bentuk SSB di layar. Jadi, saya beropini dan berpendapat bahwa Vegeta menghabiskan beberapa waktu khusus mencoba untuk mengajarkan Trunks bagaimana untuk berubah menjadi transformasi SSB.

Dengan kata lain mungkin kalian sudah paham dan mengerti bagaimana proses dari bangkitnya transformasi Super Saiyan adalah dengan bangsa saiyan mengalami sebuah proses dimana mental dan perasaannya tertekan dengan suatu hal yang membuatnya marah.

Dimana Vegeta Mengajarkan Perubahan Bentuk Saiyan Kepada Bangsa Saiyan di Alam Semesta lainnya - Image Source: Screenshoot via Youtube

Dimana Vegeta Mengajarkan Perubahan Bentuk Saiyan Kepada Bangsa Saiyan di Alam Semesta lainnya – Image Source: Screenshoot via Youtube

Salah satu contohnya pertama kali Goku berubah menjadi Super Saiyan ketika dimana ia melihat Krillin tewas dan termasuk Trunks menjadi Super Saiyan sendiri setelah melihat kematian Gohan yang tak lain adalah gurunya sendiri.

Balik ke teori apa yang akan terjadi dalam episode 62, apakah Trunks masa depan bisa berubah dalam transformasi SSB seperti halnya Goku dan Vegeta?

Disini, Trunks masa depan telah mengalami banyak siksaan dan luka akibat pertarungan dirinya melawan Zamas dan Black Goku. Bisa dikatakan sekilas ia melihat bayangan ibunya ketika dimusnahkan oleh Black Goku. Jadi kejadian itulah yang membuat batas emosional dirinya dan seketika kita melihat sebuah ledakan kekuatan yang terjadi pada Trunks masa depan (menjelang adegan terakhir dari episode 61)

super-saiyan-blue-trunks-07

Image Source: Screenshoot via Youtube

Tentunya kita semua benar-benar melihat ledakan kekuatan dari Trunks masa depan itu sendiri. Itu sesuai dengan bagaimana yang sudah di jelaskan diatas (transformasi bangsa saiyan membutuhkan atau dipengaruhi oleh rasa emosional sehingga membentuk amarah) dalam arti Trunks masa depan sudah menunjukan kemarahan yang sangat intens.

Image Source: Screenshoot via Youtube

Image Source: Screenshoot via Youtube

Sekarang, kita bisa berargumentasi pada akhirnya ia bisa bertransformasi menjadi SSB. Ada beberapa hal yang memungkinkan itu benar-benar terjadi?

Bisa jadi dalam arti yang lebih luas, setidaknya ada dua cara untuk Trunks masa depan mencapai transformasi SBB tersebut, seperti dibawah ini:

Pertama, Trunk pada dasarnya sudah bisa menjadi Super Saiyan Blue. Tapi karena dia tidak sepenuhnya paham dalam menguasai perubahan bentuk full seperti penampilan SSB dari Goku dan Vegeta yang dimana rambut alis mereka berwarna biru.

Hal ini disebabkan Goku dan Vegeta hampir atau dapat menguasai transformasi ini setelah mengalami pelatihan dari Whis dan sebelum mereka menggunakan transformasi kepada musuh sebenarnya.

Jadi mungkin karena Trunks mencoba untuk pertama kalinya karena kita menduga dan melihat sesuatu (dari preview 62) seperti ini. Itulah mengapa dia memiliki aura berwarna biru bisa dikatakan diambang menjadi Super Saiyan Biru atau setengah jalan untuk mencapai perubahan sempurna dari SSB.

Image Source: Screenshoot via Youtube

Image Source: Screenshoot via Youtube

Tapi, ada yang mengganjal jika ia hampir transformasi dalam bentuk SSB seharusnya tidak membuat dia lebih kuat dari Goku dan Vegeta. Di satu sisi, pada perubahan transformasi dari Trunks masa depan itu dipengaruhi rasa amarah yang sangat amat besar dan sementara untuk menjadi Super Saiyan Blue membutuhkan pikiran yang tenang, menahan amarah dan dapat mengendalikan atas semua Ki dalam tubuh.

Kedua, ada dugaan bahwa Trunks masa depan sebenarnya mengubah atau ditransformasikan menjadi sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya sama halnya seperti kasus Super Saiyan Rose bentuk transformasi dari Black Goku.

Itulah mengapa kita bisa menduga dan mendapatkan bentuk baru dalam konteks yang intens. Sesuatu yang didukung lebih jika dilihat dari di sepanjang garis keturunan bangsa Saiyan, Struktur tubuh, bergerak agresif yang didorong oleh rasa kemarahan.

Atau perubahan Trunks masa depan ini bisa menjadi sesuatu yang sedikit mirip dengan Super Saiyan Blue Kaio-ken kecuali kali ini ia memiliki aura SSJ klasik dalam versi jadul Dragon Ball.

Tapi jika kita melihat bersama dari aura dan cara ia bergerak dalam preview episode 62 tersebut itu tidaklah sama dengan SSB-Kaioken. Intinya di sini adalah Trunks masa depan bisa menjadi bentuk transformasi yang sama sekali baru kita lihat nantinya.

Hal ini juga bisa menjadi perubahan bentuk dari jenis lain untuk menuju bentuk transformasi ke SSB atau ki Dewa. Jadi, sekali lagi bisa jadi Trunks masa depan mungkin mencapai bentuk baru. bisa jadi ia akan membuat Super Saiyan Blue eksklusif yang berbeda dari Goku dan Vegeta.

Kami para fans tidak perlu melihat hal yang sama berulang-ulang dalam kejadian ini. Bahkan jika kalian perhatikan dan melihat DBZ dimana sementara Goku mendapat SSJ3 dan Vegeta sibuk untuk melakukan perubahan SSJ3 dengan caranya sendiri. Di satu sisi lain Gohan mendapatkan kekuatan atau bentuk akhir dari SSJ3 yang unik baginya saja. Maka jika kita cocokan kejadian tersebut dengan posisi sekarang ini maka setelah Goku dan Vegeta berhasil transformasi menjadi SSB maka Trunks berada di posisi Gohan. Transformasi SSB versi baru ini bisa menjadi sesuatu tersendiri bagi mereka yang bukan pure darah Saiyan (darah hasil perkawinan silang antara Bangsa Saiyan dan Manusia).

Alhasil dari rangkuman opini dan argumen berdasarkan fakta dari jalan cerita seri Dragon Ball sebelumnya dan saat ini. Di pastikan Trunks masa depan bisa berubah menjadi SSB atau bertransformasi dalam bentuk yang baru dengan ciri khasnya sendiri berdasarkan darah non pure milik bangsa Saiyan.(rob/FAJAR)

loading...
Click to comment
To Top