Fenomena Sebenarnya dan Awal dari Mimisan atau Nosebleed di Anime – WarkopAnime.com
Interest

Fenomena Sebenarnya dan Awal dari Mimisan atau Nosebleed di Anime

WARKOPANIME.COM – Setiap penggemar anime atau manga pasti pernah melihat para tokoh dan karakter tiba-tiba mendadak mengeluarkan darah lewat hidung atau mimisan namun terlihat lucu dan itu menjadi gerakan wajar dan wajib bagi karakter-karakter periang.

Mengapa dan kapan asalnya gerakan nosebleed ini terjadi di anime maupun manga ? dibawah ini sedikit akan dibahas.

Sebuah karakter laki-laki melihat sekilas seorang gadis membuka baju, seorang gadis yang cantik mengedipkan mata menggoda padanya, seorang karakter anime berjalan dan kemudian tersandung dan menempatkan wajahnya hanya beberapa inchi dari dada karakter wanita, hasilnya selalu sama; wajah yang memerah diikuti oleh mimisan yang tercurah.

Idenya dalam nosebleed di anime adalah adanya gairah seksual menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang pada gilirannya memicu mimisan. Memang benar bahwa gairah atau malu dapat menyebabkan wajah kita memerah layaknya ketika dicium gadis pertama kali.

Namun pastinya tidak sampai mimisan kan. Situs berita Jepang NicoNico kemudian bertanya pada medis profesional untuk mengetahui apakah ada kebenaran terhadap fenomena anime ini.

Dr Koichiro Kanaya seorang spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT) di Kaneyama Clinic, Yamaguchi prefecture, diberikan mandat untuk memberikan penjelasan profesional pada kasus mimisan karena terlalu senang ini.

“Memang benar bahwa tekanan darah meningkat saat kita terangsang, dan itu sudah didokumentasikan dengan baik, tetapi tidak ada hubungan antara gairah semacam ini dan hidung-berdarah.”

Mimisan biasanya mulai karena kerusakan septum, dokter kanaya menjelaskan, itulah sebabnya mengapa begitu banyak anak-anak kecil yang tidak bisa menjaga jari-jari mereka keluar dari hidung karena begitu gatal yang sering dapat dilihat di kantor perawat sekolah. 

“Karena bagian dalam hidung adalah salah satu bagian yang paling rapuh dari tubuh, aku bisa mengerti bagaimana mana teori peningkatan tekanan darah yang disebabkan oleh gairah seksual menyebabkan mimisan mungkin bisa terjadi” Dr Kanayama melanjutkan, “tetapi tubuh manusia terbuat baik dan cukup rapuh namun sangat fleksibel, jadi saya tidak bisa benar-benar mengatakan bahwa argumen ini sepenuhnya benar. “

Jadi, mengapa kita melihat ini terjadi di anime dan manga begitu sering?

Dr Kanayama memiliki teori tentang itu:

“Di masa lalu, orang-orang seperti pegulat pro sengaja akan membuat diri mereka terluka kecil di dahi mereka untuk membangun ketegangan dan suasana dalam sebuah pertandingan. Aku hanya bisa membayangkan bahwa gagasan rangsangan ekstrim dan kelebihan energi digambarkan dengan cara yang sama dengan mimisan, dan itu datang untuk menjadi metode yang diterima mewakili perasaan itu. “

Pertama kali nosebleed ada di karakter anime ada di cerita tinju Hajime no Ippo (1989), lalu untuk nosebleed gara-gara meluapkan ekspresi bahagia terjadi pertama kali dalam seri anime yang berjudul Haré+Guu pada tahun 1997. Pada saat itu memang terlihat seperti lelucon aneh bagi pembacanya, namun kemudian berkembang dan para penikmat anime kemudian menganggap hal ini (nosebleed:red) sebagai hal yang lucu dan wajar.

Menurut NicoNico News, meskipun, melihat hidung anime dan manga karakter ‘meledak’ anda tidak perlu khawatir karena  mereka benar-benar sehat. Mungkin agak terlalu sehat dan bahagia …

Cerita anime paling lucu dan paling banyak mengeluarkan adegan nosebleed mungkin ada pada anime Baka to Tesuto to Shōkanjū, liat saja bagaimana mereka menerapkan mimisan ketika melihat hal-hal yang dianggap menyenangkan. (rob/FAJAR)

loading...
Click to comment
To Top