Finding Dory Tembus One Billion Dollar Club – WarkopAnime.com
Movie

Finding Dory Tembus One Billion Dollar Club

DISNEY-PIXAR -MILESTONE 1 TRILIUN: Dory dan Hank si gurita dalam salah satu adegan Finding Dory. Film ini telah mengumpulkan penghasilan Rp 13 triliun dan masih bisa bertambah.

WARKOPANIME.COM – ’’Terima kasih buat para fans yang membantu Finding Dory mendapatkan USD 1 miliar (Rp 13 triliun) di box office global!’’ Kalimat itu terpampang di laman media sosial film Finding Dory sejak kemarin (10/10).

Benar, Dory si penderita short term memory loss itu menjadi mesin uang terbaru Disney-Pixar. Catatan tersebut membuat Dory menjadi film kedua Disney-Pixar yang berhasil menembus angka satu miliar. Berselisih tipis dengan Toy Story 3 (2010) di peringkat pertama yang meraup USD 1,067 miliar (Rp 13,86 triliun).

Capaian itu dibukukan Dory selama empat bulan penayangan. Sebanyak 52 persen pendapatan diraih dari luar Amerika Utara. Bahkan, Finding Dory mencatat lebih dari USD 30 juta (Rp 389,7 miliar) di lima negara.

Yakni, Jepang, Inggris, Tiongkok, Australia, dan Brasil. Pendapatan dari luar negeri diperkirakan terus naik karena beberapa negara di Eropa baru menikmati film tersebut pada September.

Pencapaian itu membuat film yang rilis pada Juni lalu tersebut masuk one billion dollar club film rilisan 2016. Selain Finding Dory, ada Captain America: Civil War (USD 1,153 miliar atau Rp 15 triliun) dan Zootopia (USD 1,023 miliar atau Rp 13,3 triliun). Seluruh film tersebut merupakan rilisan Disney, yang notabene juga ’’induk’’ Lucasfilm dan Marvel Studios.

’’Menang besar’’ Disney sebenarnya telah dimulai akhir tahun lalu. Pada Desember 2015, Lucasfilm meraup penghasilan gila-gilaan lewat Star Wars: The Force Awakens. Film yang merupakan instalasi ketujuh Star Wars tersebut meraih USD 2,068 miliar atau Rp 26,9 triliun.

Meski demikian, tidak semua rilisan Disney tahun ini sukses di pasaran. Alice Through the Looking Glass dan The BFGterbilang jeblok. Sekuel Alice in Wonderland hanya mendapat USD 299,3 juta (Rp 3,9 triliun), padahal bujet penggarapannya USD 170 juta (Rp 2,2 triliun). The BFG garapan Steven Spielberg yang dibuat dengan biaya USD 140 juta (Rp 1,82 triliun) hanya meraup USD 175,8 juta (Rp 2,28 triliun).

Diprediksi, tiga besar film di one billion dollar club tahun ini bergeser pada akhir tahun. Sebab, persaingan film Hollywood akan memanas pada musim liburan Natal dan tahun baru. Pada November, ada spin off dari serial karangan J.K. Rowling, Fantastic Beasts and Where to Find Them dan animasi Disney, Moana. Sedangkan pada Desember, ada Rogue One: A Star Wars Story, Passengers dan animasi musikal Sing.(JPG/FAJAR)

loading...
Click to comment
To Top