FULL SUMMARY LIGHT NOVEL ITACHI SHINDEN KŌMYŌ-HEN – WarkopAnime.com
Interest

FULL SUMMARY LIGHT NOVEL ITACHI SHINDEN KŌMYŌ-HEN

Seperti kalian ketahui bersama bahwa tak kan lama lagi akan hadir anime Itachi Shinden yang merupakan adaptasi dari light novelnya sendiri. Mungkin banyak dari para penggemar Naruto Indonesia tidak tahu novel light Itachi ini, bahkan banyak diantara mereka bertanya seperti apa isi dari light novel itu sendiri.

Tidak ada salahnya saya akan membahas mengenai permasalahan diatas yaitu mengenai light novel itachi meskipun sebagian dari sobat WKN dan Narvers pernah membaca dan mengetahui light novel tersebut. Namun jangan khawatir bagi kalian sobat WKN maupun Narvers serta pembaca situs ini akan dibahas mengenai inti dari light novel itachi meskipun dibilang terlambat tapi tidak ada salahnya jika di ulas kembali, seperti apa inti isian dari light novel itachi tersebut? simak ulasannya seperti dibawah ini:

 

itachi

Penulis : Takashi Yano

Ilustrasi : Masashi Kishimoto 

English Translation : S-translations

Indonesian Translation : Rere Vidya

 

 

WARNING!!! SPOILER

Note: Tulisan ini merupakan ringkasan dari keseluruhan peristiwa yang terjadi di dalam Novel, bukan terjemahan penuh. Full novel akan di post selanjutnya.

 

PART 1

暗夜に在りし雛、未だ巣立たず (An’ya ni arishi hina, imada sudatazu– The young chick in the dark night, yet to leave the nest 

~ Bagian 1: Anak Ayam yang Berada di Kegelapan Malam, Belum Meninggalkan Sarang ~

**

 

Dari usia 4 sampai 7 tahun; Sebelum masuk Akademi sampai lulus Akademi.

Usia 4 tahun: Memori pertama Itachi. Ayahnya Uchiha “Kyougan” Fugaku membawanya ke medan perang. Dia merasa ada sesuatu yang ‘mengguncang’ matanya, tapi dia menekan itu. Pada saat itu, dia memutuskan tujuannya, tujuan itu adalah “Untuk mengakhiri semua peperangan”. Demi mencapai tujuannya, Itachi memutuskan untuk menjadi Shinobi yang hebat.

Usia 5 tahun: Setiap hari Itachi berlatih di dekat rumahnya. Dia bertemu Shisui yang sudah menjadi Genin. Perang usai, Hokage ke-3 pensiun dari jabatannya dan Hokage ke-4 menggantikannya. Itachi mendengar bawahan Fugaku menggerutu tentang “Kyougan” Fugaku yang tidak dicalonkan menjadi Hokage.

Sasuke lahir. Itachi menemukan perasaan baru, kasih sayang persaudaraan.

Kyuubi menyerang desa. Itachi melindungi Sasuke dan Ibunya dari serpihan puing-puing reruntuhan. Sekali lagi, dia merasakan ‘sesuatu’ di matanya, tapi ditekan kembali.

Dampak serangan Kyuubi; Danzo membujuk Hokage ke-3 dan para penasehat untuk menempatkan Klan Uchiha di suatu tempat khusus. Klan Uchiha yang tersebar dikumpulkan dalam satu kompleks kediaman, di daerah sekitar sungai Naka.

Banyak penduduk berpikir jika salah satu dari Klan Uchiha harus bertanggung jawab atas lepasnya Kyuubi dan mulai melakukan diskriminasi pada mereka. Para anggota Klan Uchiha yang sudah berumur ‘dewasa’ tidak menyukai hal ini.

Usia 6 tahun: Itachi masuk Akademi, dia secara konsisten terus berada pada peringkat atas. Dia lulus ujian kelulusan setelah 4 bulan, tapi masih tetap tinggal di Akademi pada tahun ini, hingga musim semi.

Uchiha Izumi dari kelas sebelah mendekatinya, tapi ditolak oleh Itachi. Izumi berusia sama dengan Itachi.

Tiga murid senior (Tenma, Katsura, Hagiri) mencoba menggertak Itachi, menyuruhnya bersujud dan meminta maaf. Mereka adalah sebagian orang yang meyakini bahwa Klan Uchiha lah yang bersalah atas tragedi serangan Kyuubi di Konoha. Izumi ikut terlibat dalam kejadian itu, mencampuri urusan mereka, menghentikan pertarungan yang akan terjadi dengan mengaktifkan Sharingan-nya. Tiga senior itu ketakutan melihat mata Sharingan. Karena Izumi tidak bisa mengendalikan mata itu, dia pingsan dan dibawa ke rumah sakit.

Sharingan Izumi bangkit saat ayahnya meninggal tepat di depan matanya selama serangan Kyuubi. Ibunya berasal dari Klan Uchiha, sementara Ayahnya bukan Uchiha. Setelah Ayahnya meninggal, mereka kembali ke Klan dan mengambil nama ‘Uchiha’.

Mulai saat itu Izumi dan Itachi berteman.

Usia 7 tahun: Itachi lulus dan menjadi penyampai pidato perpisahan. Dia menjadi lulusan termuda, lulus pada usia 7 tahun. Dia memberikan pidato pada upacara kelulusan itu. Sebagian besar lulusan Akademi lainnya berusia 12 tahun. Para guru yang berafiliasi dengan Senju tidak menyukainya. Itachi memiliki sesuatu yang lebih, lebih dari yang diharapkan, namun mereka tak bisa menyangkalnya saat Itachi ditunjuk menjadi pembaca pidato kelulusan. Itachi bertemu dengan Danzo untuk pertama kalinya, seusai upacara kelulusan.

Izumi tidak mengikuti ujian itu, oleh karena itu dia tetap tinggal sebagai murid Akademi.

 

 

PART 2

英明な若鳥、夕闇の後の静けさを知らず (Eimeina wakadori, yūyami no nochi no shizukesa o shirazu) – The brilliant young bird, not knowing the silence after the twilight 

~Bagian 2: Burung muda yang brilian, tidak mengetahui keheningan setelah senja~

**

Dari usia 7 hingga 10 tahun; Hari-hari menjadi Genin, sebagai Tim 2.

Rekan satu timnya adalah Minazuki Yuuki (Jounin Sensei), Izumo Tenma (12 tahun), Inari Shinko (13 tahun).

Usia 7 tahun: Hari-hari menjadi Genin Itachi dimulai.

Tenma masih memusuhi Itachi (Dia adalah salah satu dari tiga penggertak Itachi di bagian 1). Shinko adalah wanita yang memiliki logat berat karena dia baru pindah ke Konoha setelah 3 tahun kelulusan.

Salah satu misi mereka adalah menghentikan mata-mata dari Iwagakure. Biasanya, Shinobi tingkat atas seperti ANBU yang mengurusi misi semacam ini. Namun karena insiden penculikan Hyuuga Hinata, tim Genin harus mendapatkan misi dengan level yang lebih tinggi, sebab semua Shinobi tingkat atas sedang sibuk.

Itachi menghadiri pertemuan Klan pertamanya di Kuil Naka.

Usia 8 tahun: Tim 2 dipilih dalam misi pengawalan Daimyou yang melakukan perjalanan tahunan ke Konoha. Secara tradisi, biasanya tim Genin terbaik sepanjang tahun lah yang dipilih dalam misi semacam ini. Hal ini dianggap sebagai kehormatan besar, tapi kebanyakan untuk acaranya, sepertinya Daimyou mempunyai pengawal lain dan beberapa orang ‘12Ninja Pelindung’ menemaninya. Ada juga beberapa tim ANBU yang bergerak di dalam bayangan.

Di perjalanan menuju Konoha, seorang pria misterius tiba-tiba muncul di hadapan mereka. Pria itu berpakaian serba hitam dan memakai topeng orange. Pria itu menebarkan genjutsu. Hanya Tenma dan Itachi yang tidak terperangkap di dalamnya. Tenma menyerang pria itu, tapi tinjunya tembus melewati tubuh sang pria bertopeng. Tenma akhirnya dibunuh oleh pria itu, kejadian ini akhirnya memicu bangkitnya Sharingan Itachi.

Pria itu merasakan kehadiran “Hatake Kakashi” dan meninggalkan tempat kejadian. Pasukan ANBU yang mengiringnya telah tiba. Anggota ANBU dengan postur tubuh paling pendek dengan rambut keperakan dan topeng rubah nampaknya adalah Hatake Kakashi. Kakashi meminta maaf karena datang terlambat, sepertinya dialah satu-satunya di dalam regu ANBU yang tidak terpengaruh Genjutsu. Sehingga dia menghabiskan waktunya untuk melepaskan semua orang di dalam regu ANBU.

Semua orang di dalam tim terguncang akibat kejadian itu. Daimyou kembali ke Ibukota, sedangkan Tim 2 kembali ke Konoha.

Setelah melihat kenyataan pahit di dunia Ninja, Shinko menyerah menjadi Ninja, melepaskan keahliannya sebagai Ninja dan mulai bekerja sebagai warga sipil di Konoha.

Dua lulusan baru kemudian ditugaskan di Tim 2; Himuka dan Aburame Youji. Tim 2 yang baru menjalankan pelatihan, dan misi peringkat D di bawah bimbingan Minazuki Yuuki.

Usia 9 tahun: Nominasi Itachi untuk mengikuti ujian Chuunin tahun depan semakin tinggi. Melewati Jounin Instruktur – Minazuki Yuuki, Fugaku menerima nominasi atas nama Itachi.

PART 3

濡羽色の烏、月夜に蠢く同胞の身震いす (Nurebairo no karasu, tsukiyo ni ugomeku dōhō no miburui su) – The glossy black crow, trembling at its’ desiccated brethren squirming under the moonlit night

~ Bagian 3: Gagak hitam pekat, gemetaran saat saudaranya menggeliat, mengering di bawah cahaya rembulan ~

**

Dari usia 10 sampai 11 tahun; Ujian Chuunin sampai sebelum masuk ANBU.

Usia 10  atau 11 tahun: Itachi mengambil Ujian Chuunin seorang diri, tanpa tim. Semua peserta Ujian yang lain berformasikan 3 orang.

Ujian tahap pertama adalah ujian tulis. Skor pada ujian ini hanya akan diberikan setelah ujian tahap 2 selesai.

Ujian tahap 2 diselenggarakan di tempat latihan 44. Setiap tim harus mendapatkan masing-masing gulungan langit dan gulungan bumi. Itachi mengalahkan tim dari Kirigakure untuk mendapatkan gulungan yang dia butuhkan. Dia menetapkan rekor waktu dalam mendapatkannya ke pusat.

Dalam ujian babak ke-3 lawan Itachi di ronde pertama menyerah. Dia bertarung di ronde ke-2, melawan Nemui dari Kumogakure. Nemui mempunyai julukan “Shunmin no Nemui” , gaya bertarung Nemui adalah membuat dirinya tertidur, kemudian memakai insting untuk bertarung. Itachi mencari celah saat Nemui terbangun dalam beberapa saat untuk melemparkan Genjutsu menggunakan Sharingan-nya. Setelah beberapa kali, Nemui jadi tidak bisa menidurkan dirinya dan mulai menangis ketakutan. Jadi, dengan demikian Itachi memenangkan pertandingan.

Itachi sukses menjadi Chuunin. Dia bertemu dengan Izumi selama liburannya. Izumi telah dijadwalkan lulus Akademi satu tahun lebih awal.

Shinko sekarang adalah seorang warga sipil. Bekerja di sebuah kedai teh yang sekarang sedang mereka kunjungi. Dia sedikit menggoda Itachi soal Izumi.

Dia kemudian mengatakan alasannya berhenti menjadi Ninja. Salah satunya karena kematian Tenma, alasan yang kedua adalah karena kehebatan Itachi. Itachi merasa senang jika dia mampu mengurangi jumlah Ninja di dunia, bahkan jika itu hanya satu orang saja. Karena dia ingin “mengakhiri semua perang dan pertempuran”. Dia harus menjadi Ninja terbaik.

Itachi kemudian bertanya kepada Izumi alasan Izumi menjadi seorang Ninja. Setelah Itachi sedikit menekannya, Izumi berkata jika alasannya bukan hanya karena Ayahnya adalah seorang Ninja, namun juga karena dia ingin mengikuti jalan orang yang dia kagumi. Izumi kemudian mulai menangis dan berlari tanpa melihat ke belakang.

Fugaku mengajukan Itachi untuk bergabung dengan ANBU, kedua tetua desa – Koharu dan Homura memprotesnya. Hiruzen dan Danzo tidak mempermasalahkannya.

Danzo meminta untuk diberi tanggung jawab dalam pelaksanaan misi Itachi; Ujian masuk untuk bergabung dengan ANBU. Mukai terbukti memiliki koneksi dengan desa Kiri.

Mukai adalah keturunan Klan Hyuga dari keluarga cabang (Bunke). Ini ditemukan dari nama keluarganya “Kohinata” . Dia berusia 34 tahun dan spesialisasi Taijutsu (Juuken). Sebagai perpecahan Hyuuga dari banyak generasi di waktu silam, diyakini bahwa keluarga Kohinata tidak lagi memiliki Byakugan.

Misi Itachi adalah pembunuhan Mukai. Namun ini tidaklah mudah, karena Mukai adalah Jounin, dan di ANBU (yang berarti dia adalah seorang Shinobi Konoha yang terpercaya). Itachi diizinkan membawa satu Shinobi lain yang dia percayai dalam misi, dan dia memilih Shisui.

Pada saat ini, perbedaan pendapat yang ada di dalam Klan Uchiha makin meningkat, terbukti dari pertemuan terakhir yang diadakan di kuil Naka. Diharapkan jika Itachi bergabung dengan ANBU dia bisa menjadi tautan ke desa dan pemerintah pusat (mata-mata).

Itachi mengadakan pertemuan dengan Shisui untuk membahas misi ini. Sasarannya adalah Mukai.

Dengan cepat, topik beralih ke Klan dan Impian mereka. Mimpi Shisui adalah menyatukan Klan dan desa, Shisui kemudian mengatakan jika Itachi bisa menjadi Hokage, “Jika itu kau, kau pasti bisa menjadi Hokage, Hokage pertama dari Klan Uchiha. Kau bisa menjadi eksistensi yang memotong akar takdir pertengkaran antara Klan dan desa. Itulah yang aku yakini.”  Itachi terkejut tapi juga merasa senang karena Shisui mengatakan impian Itachi yang tersembunyi, menjadi seorang Hokage.

Di salah satu waktu istirahat Itachi, dia menghabiskan waktunya dengan Sasuke. Mereka bermain petak-umpet di hutan. Itachi terkejut dengan kemampuan Sasuke mendeteksi Chakra saat Kage Bunshin berhenti menekan Chakra. Dia tidak mengatakannya pada Sasuke. Dia ingin Sasuke berasumsi jika yang dia lakukan adalah hal normal, juga tak ingin jika Sasuke berpikir jika itu adalah hal yang ‘spesial’.

Sebuah celah terbuka di timnya Mukai. Itachi masuk ke dalam tim itu sebagai pengganti Chuunin yang terluka. Itachi merasa bahwa Danzo berada di balik kemudahan ini. Misi ini akan memungkinkan Itachi untuk dapat menganalisa kemampuan Mukai.

Ini adalah misi penyusupan untuk memata-matai aliansi potensial Sunagakure – Kirigakure. Namun, salah satu Ninja di tim itu memicu alarm. Tim sempat dikejar oleh musuh dari Suna. Sebelum bertarung, Mukai merokok dan minum alkohol.

Dalam pertempuran, Mukai mengungkapkan jika dia mempunyai Byakugan di mata kirinya dengan mengaktifkannya. Mukai rupanya mengalami kemunduran genetik dalam mewarisi Byakugan. Dia terus mengalahkan musuhnya yang jumlahnya sekitar 20 orang. Kepala tim kembali ke Konoha.

Pada pertemuan berikutnya di Kuil Naka, Fugaku mengumumkan jika Itachi akan segera bergabung dengan ANBU. Tujuannya agar Itachi bisa mengumpulkan informasi tentang desa untuk Klan.

-End Novel-

loading...
Click to comment
To Top