Gak Mau Ketinggalan, Wayang Potehi Hibur Pengunjung Event Lunar New Year Festival 2017 – WarkopAnime.com
Culture

Gak Mau Ketinggalan, Wayang Potehi Hibur Pengunjung Event Lunar New Year Festival 2017

Pertunjukan Wayang Potehi, Event Lunar New Year Festival 2017. Foto: Robi (warkopanime.com /Fajar.co.id)

WARKOPANIME.COM – Di hari keduanya acara unik “Lunar New Year Festival 2017” yang menggabungkan unsur ketiga kebudayaan tak lain China, Jepang dan Korea kembali digelar di Maze Market tepatnya di Jalan M.H Thamrin No. 11, Cikokol, Kota Tangerang, Banten 15117, dimulai sejak pukul 10:00 WIB hingga pukul 22:00 WIB ini menyuguhkan konten-konten dari dua kebudayaan antara Jepang dan China.

Acara yang diperkasai oleh anak-anak muda dari komunitas cosplay Tangerang (TOC) ini dikemas sangat apik dan menarik sehingga mengundang para pengunjung untuk menikmati berbagai konten yang telah disajikan pada hari itu, salah satunya dengan pertunjukan yang berasal dari kebudayaan China namun sudah menjadi kebudayaan nasional ini.

Pertunjukan unik namun penuh history tersendiri ini pertama kalinya hadir di hadapan para penyuka Jejepang, yang tak lain adalah Wayang Potehi. Potehi berasal dari kata pou 布 (kain), te 袋 (kantong) dan hi 戯 (wayang) jadi bisa dikatakan bahwa Wayang Potehi adalah wayang boneka yang terbuat dari kain.

Tidak jauh berbeda dengan wayang golek asal daerah kawasan Jawa Barat, wayang Potehi ini juga dimainkan oleh dalang dan disertai iringan lagu sepertinya pada wayang umumnya.Yang membuat penampilannya berbeda disini meskipun wayang Potehi sendiri berasal dari China namun bagi kebudayaannya itu sendiri sekarang sudah masuk dalam kebudayaan Nasional.

Hal ini terbukti cara penyajian penampilan wayang Potehi di panggung megah Maze Market yang menggunakan suara keseharian-harian dari bahasa Indonesia tidak menggunakan bahasa Mandarin seperti biasanya dan dibumbui oleh joke-joke ringan dari dalang untuk mencairkan suasana.

Dari Joke-joke ringan dalang wayang Potehi ini lah yang membuat para pengunjung tertawa lepas saat oceh-ocehan dari macam karakter wayang golek versi China ketika mereka menyaksikan lakon cerita yang dimainkan pada malam itu. (rob/FAJAR)

loading...
Click to comment
To Top