Loh…Ternyata Alur Cerita Naruto Dan Harry Potter Hampir Serupa? Kok Bisa? – WarkopAnime.com
Manga

Loh…Ternyata Alur Cerita Naruto Dan Harry Potter Hampir Serupa? Kok Bisa?

Bagi kalian mungkin sudah mengetahui dua sosok tokoh ini tentunya, entah secara lihat langsung di televisi, melalui internet bahkan telah membacanya dari salah satu komik atau novelnya. Siapa sih memangnya kedua tokoh yang dimaksud ini? kedua tokoh ini dibuat oleh dua Negara yang berbeda.

Pertama tokoh yang berasal pembuatannya dari Negara Eropa yaitu Harry Porter dan satunya sendiri berasal dari Negara Asia tepatnya di Jepang yaitu Naruto. Kedua tokoh ini mempunyai para penggemar fanatiknya diseluruh Indonesia bahkan di Dunia. Tapi taukah ada persamaan yang dimiliki dari kedua tokoh ini? kira-kira persamaan apa yang dimiliki mereka yah? Penasaran? Yuk kita simak ulasannya seperti dibawah ini :

 

Perlakuan istimewa yang diterima tokoh utama

Harry mendapat perlakuan istimewa dari para penyihir karena saat ia masih bayi, ia mampu melawan Voldemort tanpa menyentuhnya sedikitpun, yang menyebabkan Voldemort menghilang selama bertahun-tahun. Pada saat itu, Voldemort tidak bisa membunuh Harry, dan malah berbalik menyerang dirinya, itu semua karena ibunya Harry, Lily Potter (Terlahir Evans), yang memakai semacam sihir kuno untuk melindungi orang yang disayanginya, dan mengorbankan dirinya sendiri. Setiap orang yang baru betemu Harry, pasti selalu melihat kearah luka yang ada di dahinya. Sedangkan Naruto, mendapatkan perlakuan istimewa dari pada Ninja, karena ayahnya (Namikaze Minato), menyegel monster Kyuubi yang pada saat itu sedang mengacau Desa Konoha, ke dalam tubuh Naruto yang pada saat itu baru lahir. Kalau Harry, cederung mendapatkan perlakuan istimewa, seperti penghormatan, atau menjadi orang istimewa di sekitarnya. Berkebalikan dengan Naruto yang tidak dianggap oleh warga Desa Konoha dan dianggap sebagai Monster oleh orang-orang sekitarnya.

 

Kedua pemeran utama sama-sama Yatim-Piatu

Ya, Naruto dan Harry sama-sama yatim-piatu. Kedua orang tua mereka meninggal melawan kejahatan. Orang tua Naruto, Minato dan Kushina mati melawan Kyuubi. Sedangkan orang tua Harry, James dan Lily mati melawan Voldemort.

 

Judul film nya sama-sama nama dari pemeran utama

Anime Naruto tukoh utamanya adalah Uzumaki Naruto, begitu pun dengan Film Harry Potter, tokoh utamanya adalah Harry James Potter.

 

Bola mata

Kalau di Film Harry Potter ada Alastor ‘Mad-Eye’ Moody yang menggunakan mata biru elektrik, di Naruto ada Hatake Kakashi yang juga mempunyai mata Sharingan. Kedua jenis mata itu pun sama-sama menarik. Dan juga mereka hanya mempunyai sebelah, tepatnya mereka hanya mempunyai yang kiri. Ada satu kesamaan lagi, Kakashi adalah mantan Anbu, sedangkan Mad-Eye seorang mantan Auror. Ada lagi kekuatan mata lainnya di Film Naruto, yaitu Byakugan dan Rinnegan. Yang mempunyai Byakugan di Naruto diantaranya ada Hyuuga Hinata dan Hyuuga Neji. Jika mata Byakugan dan mata Sharingan terlihat meyeramkan, mata biru elektrik milik Mad-Eye terlihat menjijikan.

 

Selalu bertiga

Yang ini pasti sudah kelihatan jelas. Naruto dan Harry memang selalu bertiga, dan mereka bertiga bersahabat sangat akrab. Sahabat-sahabat Naruto yang selalu bertiga dengannya yaitu: Uzumaki Naruto, Uchiha Sasuke (Sebelum ia melarikan diri), dan Haruno Sakura. Dan Harry terdiri dari: Harry James Potter, Ronald Bilius Weasley, dan Hermione Jean Granger. Dan mereka juga sama-sama memiliki 1 perempuan didalam persahabatnnya.

 

Tanda atau bekas luka

Harry mempunyai tanda bekas luka berbentuk petir di dahinya, yang menandakan bahwa sebagian jiwa Voldemort ada di dalam tubuhnya. Dan Naruto memiliki bekas cakaran di pipi sebelah kanan dan juga kirinya yang terlihat seperti kumis kucing seperti yang dimiliki Doraemon, dia juga memiliki sebuah tanda pusaran di perutnya, yang menandakan bahwa seluruh jiwa Kyubi tersegel di dalam tubuhnya. Ada lagi segel Jountai yang dimiliki Sasuke dan para Goninshu, yang mereka dapatkan saat Orochimaru menggigit mereka. Segel Jountai dan Bekas luka Harry Potter juga memiliki kesamaan, yaitu apabila mereka berada dekat dengan si pemberi tanda, luka itu akan terasa sakit luar biasa.

 

Akatsuki dan Pelahap Maut

Akatsuki dan Pelahap maut sama-sama sebuah perkumpulan para penjahat yang wajahnya menakutkan, dan gemar memakai hitam-hitam. Mereka juga sama-sama memiliki tujuan yang sangat jahat. Kalau Akatsuki lebih suka menculik Jinchuuriki dan mengambil Bijuu-bijuu nya, Death Eater, di bawah suruhan Lord Voldemort, lebih senang membunuhi para Muggle (Sebutan untuk orang yang tidak mempunyai kemampuan sihir sama sekali) dan juga Darah-Campuran (Hasil pernikahan dari Muggle dan Penyihir). Mereka pun mempunyai musuh bebuyutan yang berusaha memberantasnya yaitu Anbu dan Auror yang diatas tadi sudah dijelaskan.

 

Orochimaru dan Lord Voldemort

Sama-sama tokoh paling jahat, sama-sama menyeramkan, sama-sama bewajah putih pucat, simbol mereka sama-sama ular. Mata mereka juga mirip seperti mata ular. Ular milik Orochimaru dinamai dengam nama Manda, dan ular milik Voldemort dinamai dengan nama Nagini, yang sekaligus menjadi Horcruxnya. Voldemort berbica dengan Nagini menggunakan bahasa PARSELTOUNGE, dan Orochimaru berbicara dengan Manda menggunakan bahasa SINGLETOUNGE. Voldemort memiliki satu lagi ular yang ukurannya sama seperti Manda, namanya Basilisk. Sebenarnya Basilsk bukan milik Voldemort, Tapi milik Salazar Slytherin. Mereka pun sama-sama memiliki kemampuan untuk memperpanjang umur mereka. Tapi caranya sangat jauh berbeda. Orochimaru memperpanjang umurnya dengan cara berpindah ke tubuh orang lain dengan jurus khusus. Sedangkan Voldemort menggunakan Horcrux-Horcruxnya untuk membagi-bagi jiwanya ke dalam 7 benda. Diantaranya: Catatan Harian Tom Riddle, Cincin Marvolo Gaunt/Batu Kebangkitan, Liontin Salazar Slytherin, Piala Helga Hufflepuff, Mahkota Rowena Ravenclaw, Peliharaannya yaitu Nagini, dan juga Harry Potter. Tapi mereka mempunyai perbedaan yang sangat jauh, yaitu RAMBUT.

 

Anbu dan Auror

Jika di Naruto ada kelompok yang menamai mereka Anbu, di Harry Potter juga ada Auror. Pekerjaan Anbu dan Auror sama persis, yaitu menangkap dan menaklukan penjahat dan juga pengkhianat. Huruf depannya pun sama. Sama-sama diawali huruf “A”. Kalau biasanya Anbu menangkap Akatsuki, Auror juga lebih sering menangkap Death Eater atau Pelahap Maut. Anbu identik dengan topeng-topengnya dan juga kemampuan ninjanya yang tak terkalahkan, sedangkan Auror identik dengan kemampuan sihirnya yang luar biasa.

 

Pembimbing tercinta

Karena Naruto dan Harry sama-sama yatim-piatu, mereka pasti mempunyai pembimbing. Pembimbing Harry adalah Sirius Black, dan pembimbing Naruto adalah Jairaya. Dan mereka berdua diceritakan akan mati di tengah cerita. Jairaya adalah Ninja yang sangat hebat, begitupun Sirius, ia adalah anggota Orde Phoenix.

 

Tanda seorang pengikut

Pengikut Voldemort adalah Death Eater atau Pelahap Maut. Sedangkan pengikut Orochimaru dinamakan Goninshu, banyak yang mengira bahwa pengikut Orochimaru adalah Akatsuki, itu salah. Karena Akutsuki tidak mengikuti siapa-siapa, mereka hanya mempunyai pemimpin, yaitu Pain. Walaupun begitu, Akatsuki dan Pelahap maut memang banyak persamaan, seperti yang sudah dibahas diatas. Goninshu dan Pelahap maut sama-sama mempunyai tanda. Kalau Pelahap Maut mempunyai tanda ular dilengannya, lain halnya dengan Goninshu, mereka mempunyai tanda di leher mereka yang hampir mirip dengan mata Sharingan, yang bekas digigit Orochimaru.

 

Mata-mata

Severus Snape dan Uchiha Itachi adalah mata-mata di kelompoknya. Snape menjadi mata-mata di Pelahap Maut, atas suruhan Dumbledore. Kalau Itachi, dia mata-mata dari Akatsuki. Keduanya pun sama-sama memiliki rambut klimis, hitam. Dan tidak pernah terlihat senyum sedikitpun. Bagi yang mengikuti cerita Harry Potter dan Naruto, pasti akan paham.

 

Letak sekolah dan nama desa indentik dengan nama tersembunyi

Kita semua tau, sekolah sihir Hogwarts dan desa Konohagakure sama-sama besar dan luas tak terkira. Tapi keduanya di ceritakan sangat tersembunyi dan jarang sekali orang bisa menemuinya tanpa sengaja. Meskipun banyak juga desa lain yang kadang-kadang minta tolong ke Konohagakure. Latar kedua cerita ini pun hampir sama, cerita Naruto kadang-kadang bercerita dengan latar Sekolah Ninja. Dan cerita Harry Potter lebih sering bercerita dengan latar Sekolah Sihir Hogwarts, malah mungkin keseluruhan cerita berlatar di Hogwarts. Hmm…. Sekolah Ninja dan Sekolah Sihir ?? Sama-sama unik, aneh, dan misterius.

 

Pertarungan guru dan murid

Lord Voldemort memang bekas muris Hogwarts, dan Albus Pervical Wulfrick Brian Dumbledore memang gurunya. Tapi sifatnya sangat berbeda jauh. Dumbledore adalah tokoh utama Protagonis dan sangat berpihak pada kebaikan, dan dia juga mencintai para Muggle dan Darah-Campuran. Sangat bertolak belakang dengan Voldemort yang juga tokoh utama, tapi dia berwatak Antagonis dan lebih suka dengan sihir hitam. Dia juga sangat membeci Muggle dan Darah-Campuran, dan ingin membasmi seluruh Muggle dari muka bumi. Ada juga Orochimaru dengan Hokage ke 3, Sarutobi Hiruzen. Dulu mereka adalah guru dan murid, sifat mereka pun menjadi sangat bertolak belakang.

 

Raksasa

Jika seluruh murid, guru, dan hantu-hantu Hogwarts sudah terbiasa dengan kehadiran Hagrid, si setengah raksasa. Warga Konoha pun sudah terbiasa dengan kehadiran ayah dari Akimichi Chouji, yaitu Akimichi Chouza. Chouza memang bukan setengah raksasa ataupun keturunan raksasa, tapi ukuran tubuhnya mungkin sama seperti Hagrid. Dan keduanya pun sama-sama pecinta alam.

 

Pengagum Rahasia

Walaupun kelakuannyanya konyol, Naruto juga punya pengagum rahasia lho, namanya Hyuga Hinata, ia sudah mengagumi Naruto sejak masih sekolah di Akademi (Setingkat kelas 1-4 SD). Sedangkan Harry Potter, dia juga mempunyai pengagum rahasia, yaitu adiknya sahabatnya sendiri, siapa lagi kalau bukan Ginny Weasley, Ginny memang sudah mengagumi Harry sejak pertama bertemu di buku pertama, yaitu pada saat di Stasiun Kereta Api King Cross Peron 9¾. Diakhir cerita, Harry dan Ginny akhirnya menikah dan mempunyai 3 orang anak, sedangkan Naruto dan Hinata belum jelas hubungannya.

 

Hermione dan Sakura

Mereka sama-sama Cantik, sama-sama Pintar, sama-sama disukai banyak laki-laki. Dan sama-sama termasuk dalam trio golden.

 

 

Nah kira-kira seperti itulah persamaan dari kedua tokoh ini antara Harry Porter dan Naruto berdasarkan opini. Menurut kalian apakah persamaan ini benar atau tidak? Tuangkan opini kalian dikolom komentar dibawah ini yah

loading...
Click to comment
To Top