Ini Alasan Yang Membuat Otaku Menjadi Pecandu Terhadap Anime – WarkopAnime.com
Interest

Ini Alasan Yang Membuat Otaku Menjadi Pecandu Terhadap Anime

Mungkin dari sebagian orang menganggap Otaku itu biasanya negatif atau dipandang sebelah mata saja. Tapi sebelumnya tahukah kalian sob arti dari Otaku sendiri? Nah bagi yang belum tahu akan dijelaskan definisi dari arti Otaku itu sendiri agar sobat yang belum tahu, bisa tahu setelah membaca artikel ringan ini nantinya.

Otaku adalah istilah dari bahasa Jepang yg digunakan untuk mengacu kepada orang-orang yang memiliki minat yg obsesif, biasanya dalam hal anime, manga dan video games. Dalam bahasa aslinya otaku artinya rumah (dari sudut pandang orang kedua).

Istilah Otaku kemungkinan besar berasal dari percakapan antara penggemar anime yg selalu menyapa lawan bicaranya dengan sebutan otaku yg merupakan bentuk paling sopan untuk kata ganti orang kedua dalam bahasa Jepang baku, atau dalam bahasa Indonesia disebut ‘Anda’.

Dan dengan berlalunya waktu, arti dari kata ini bergeser kepada pengertian di atas. Kalau menurut persepsi orang Inggris, otaku itu mengandung makna ‘freak’ atau ‘geek’. Tapi menurut orang Jepang, otaku itu orang penyendiri yang aneh dan jarang keluar rumah karena hobinya itu. Dan sekarang otaku bisa diartikan sebagai ‘orang yang tergila-gila pada suatu tema, topik, atau hobi tertentu. Dengan kata lain, arti dari otaku itu sebetulnya sangat luas penggunaannya.

Kali ini akan dibahas mengenai, kenapa Otaku itu addict atau menjadi pencandu terhadap Anime. Apa itu Anime? Anime ( アニメ ) adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang.

Berikut ini akan mengulas tentang pertanyaan dari kenapa Otaku Addict atau menjadi pencandu terhadap Anime dan memberikan beberapa alasan kenapa kita menyukai anime, Berikut beberapa alasan tersebut!

 

Mudah di dapat

Seperti yang tertulis diatas yaitu mudah didapat. Perkembangan Anime sudah sangat pesat saat ini, dengan banyaknya website dan subbed anime, kita tidak akan susah jika ingin mencari beberapa Anime dan tentunya dalam bentuk origianal (OVA/BD). Tidak seperti Film yang menunggu berbulan-bulan lamanya setelah rilis baru ada versi DL nya, itu pun masih ada beberapa adegan yang di cut.

 

Jalan cerita yang bagus

Dalam beberapa Anime banyak sekali anime yang memiliki Plot/Story yang Epic. Dikarenakan di Jepang sana tidak hanya Mangaka saja yang dapat membuat Manga, seperti dokter, guru pun dapat mengekspresikan perasaannya dalam manga. Dengan didukungnya banyaknya jenis genres dalam anime, para otaku bebas menikmati berbagai genre yang tersedia, seperti romance,comedy,action,dll. Saat menonton Anime kita bisa tertawa,terharu,takut,merinding,kaget,dan bahkan sampai menangis.

 

Sebagai move on dari acara televisi tidak jelas

Mungkin bagi kalian sob yang sudah bosan dengan film/sinetron yang ceritanya itu-itu aja patut dicoba untuk melirik beberapa Anime. Tentunya Anime lebih unggul dari film terutama dalam segi grafiknya, Jika di dalam film ingin membuat naga yang sangat real atau ada dua tokoh/karakter yang sama dalam 1 tempat yang sama itu akan sangat sulit dikarenakan efek/grafis nya yang masih terbatas. Tetapi tidak pada Anime dikarenakan ini animasi jadi akan sangat mudah membuatnya. Seperti Bunshinya Naruto itu, coba kalo di dalam film berapa figuran itu yang buat dijadiin bunshinnya.

 

Grafik dan visual yang bagus

Anime Jepang juga tidak kalah dengan anime-anime Eropa. Dengan didukungnya Plot/Story nya yang sangat Epic, rasanya kurang lengkap jika tak seimbang dengan grafiknya. Seperti contoh 5cm per Second, menurut beberapa responden anime ini memliki grafik yang sangat wow sejauh ini, diluar alur ceritanya yang sangat Epic anime ini memiliki grafik yang sangat bagus terutama dalam pencahayannya dan juga warnanya.Menurut responden akan memberikan nilai 8.2/10 memang untuk nilai seperti itu sepadan dengan hasilnya pula tentunya.

 

Secara tidak langung menjadi sarana belajar

Mungkin tidak sedikit para Otaku di luar Jepang yang mengambil kesempatan pada Anime untuk belajar bahasa Jepang. Ya seperti kalian sendiri awalnya sob tak tahu menahu bahasa Jepang, setelah menonton Anime kalian pun dapat memahami beberapa kosakata Jepang . Dari yang awalnya cuman buat mencari hiburan dan nggak niat buat belajar jadi bersungguh-sungguh untuk belajar. Tak ada salahnya kan belajar otodidak?

 

Karakter anime itu sendiri

Mungkin ini alasan yang sangat penting dalam Anime bagi para Otaku. Desain Chara/Character Anime memang sangat bagus, dari yang cantik,ganteng,unyu2 dll. Bukan hanya wajah atau desain karakter nya saja yang disukai para Otaku tapi juga dari sikap salah satu karakter nya, yang membuat seakan akan akan terlihat lebih kawaii/moe. Dari sikap gagah,pendiam,misterius,bodoh,dll. Tak heran jika Anime memiliki popularitas/penggemar yang banyak baik maupun fangirls atau pun fanboysnya.

 

OST atau Soundtrack

Mungkin tidak sebagian besar para Otaku memilih ini sebagai alasan menonton Anime. Tapi tidak ada salah juga sih sebenarnya banyak lagu-lagu ataupun instrumental yang bagus bahkan Epic yang dijadikan salah satu Soundtrack Anime. Dikarenakan para dubber disana kebanyakan berprofesi sebagai penyanyi, jadi sang dubber lah yang dijadikan untuk mengisi soundtrack anime tersebut. Jadi seakan-akan karakter pada Anime tersebut menyanyikan Soundtrack tersebut padahal itu suara si dubber.

 

 

Itulah sob beberapa alasan yang membuat Otaku Addict terhadap Anime. Jadi kira-kira kalian ini termasuk ga nih sob? Kalo iya silahkan berkomentar dibawah dan bagi bukan otaku boleh kok komen dibawah juga. Terima kasih telah membaca artikel sederhana ini

loading...
Click to comment
To Top