Ini dia list dan sedikit penjelasan tentang…6 Anime Mecha Paling Populer di Dunia. – WarkopAnime.com
Anime

Ini dia list dan sedikit penjelasan tentang…6 Anime Mecha Paling Populer di Dunia.

Genre mecha telah mendarah daging bersama dengan tumbuh dan berkembangnya dunia anime di Jepang hingga merambah ke seluruh dunia.

Maka dari itu, tak heran jika saat kita mengikuti perkembangan anime setiap tahunnya, tema yang bersentuhan dengan robot itu selalu dimunculkan oleh studio manapun.

Melihat kilas baliknya hingga sekarang, ada beberapa franchise anime mecha yang paling populer hingga hari ini. saking populernya, judul-judul tersebut dikembangkan dengan tema baru dalam bentuk film, manga, maupun anime televisi.

Sambil mengingat dan menjelajahi kembali anime bertema mecha apa saja yang peling populer di seluruh duni, berikut enam judul terpilih yang telah ada.

1.Patlabor

Anime Patlabor diadaptasi dari manga berjudul sama yang memenangkan penghargaan Shogakukan pada 1991. Kepopulerannya diiringi dengan beberapa film dan baru-baru ini juga dibuat menjadi serial live-action.Konsep robot polisi yang beraksi dalam memberantas kriminal menjadi fokus utama. Unsur komedi dan watak karakter yang unik membuatnya mudah diterima dan dicerna para penikmat anime berjenis mecha. Pada tahun 1990-an, Patlabor pernah tiba di stasiun TV Indosiar.

2.Macross

Bertema futuristik, Macross mengetengahkan perseteruan antara manusia dan spesies alien yang ingin menginvasi bumi. Banyak adegan pertempuran antara alien raksasa dengan prajurit yang menggunakan kendaraan hibrida pesawat tempur dan robot.

Satu hal ikonik dalam anime mecha ini adalah adanya pesawat koloni sebesar benua yang berniat untuk meninggalkan bumi demi melakukan penjelajahan ke luar angkasa.Sejak tahun 1982, Macross telah memiliki lebih dari 20 judul termasuk OVA, anime televisi, dan film animasi. Anime ini juga pernah tayang di Indosiar.

3.Gurren Lagann

Berjudul asli Tengen Toppen Gurren Lagann, anime mecha ini memiliki dasar konsep yang mampu digemari oleh fans anime remaja maupun dewasa. Apalagi, alur cerita yang disajikan membuat kita tak berkedip sedikit pun.

Di luar Jepang, Gurren Lagann sangat populer dikarenakan hampir semua karakternya memiliki watak yang meluap-luap. Selain itu konsep robot gabungan yang terus membesar juga menjadi daya tarik tersendiri.Gurren Lagann sukses meraih penghargaan di Tokyo International Anime Fair, Animation Kobe, dan Japan Media Arts Festivals. Saking suksesnya anime ini, Gurren Lagann langsung dibuatkan manganya yang sempat beredar secara resmi di Indonesia.

4.Full Metal Panic!

Karakter utama dalam Full Metal Panic! memiliki watak yang cukup unik. Ia adalah prajurit anti-teroris yang menyamar sebagai siswa SMA setelah ditugaskan untuk melindungi seorang anak gadis.

Kepolosan yang dimiliki oleh sang tokoh utama itu justru menjadi daya tarik utama. Sosoknya yang dianggap gila militer menimbulkan kejenakaan tersendiri.Soal robot tak perlu ditanya. Anime ini menyuguhkan desain mecha yang cukup menarik dengan adegan pertempuran yang tak melulu melibatkan gesekan, namun juga strategi. Franchise ini masih berkembang dalam bentuk manga dan serialnya pernah beredar di tanah air melalui VCD serta tayang di salah satu TV swasta Indonesia.

5.Neon Genesis Evangelion

Mengusung tema pos-apokaliptik atau pasca-kehancuran dunia, anime yang kerap disingkat Evangelion ini mengetengahkan pertempuran antara alien yang disebut Angel dengan manusia melalui perantara robot organik.

Daya pikat anime mecha ini adalah karakter pilot robotnya yang merupakan anak-anak usia 14 tahun dengan tingkat emosi masih sangat labil. Neon Genesis Evangelion juga pernah beredar di Indonesia melalui VCD dan tayang di TV swasta.Unsur seksualitas, reliji, dan filosofi hidup dalam anime ini sempat menjadi kontroversi di tanah air, namun Evangelion berjaya di Jepang dalam berbagai penghargaan anime.

6.Gundam

Pastinya ketika mendengar anime robot Jepang, nama Gundam tak akan lepas dari benak siapapun, Pasalnya, Gundam telah menjadi franchise paling digemari di seluruh dunia dengan seri cerita yang sangat banyak jumlahnya.

Sejak pertama kali tayang pada 1979, Gundam menjadi sebuah serial mecha paling laris. Apalagi, konsepnya mengetengahkan pertikaian antara bumi dan koloni luar angkasa. Kisahnya pun sempat diangkat ke dalam berbagai universe yang berbeda.Apalagi, banyak unsur di dalam anime ini yang sangat masuk akal dan mendekati kenyataan. Beberapa judulnya bahkan sempat tayang di stasiun televisi Indonesia, termasuk Indosiar.

Sekian dari saya dan Terima Kasih…

loading...
Click to comment
To Top