Inilah Awal Mula Istilah “Segede Gaban” Berasal – WarkopAnime.com
Interest

Inilah Awal Mula Istilah “Segede Gaban” Berasal

Meme "badan lu segede gaban" .Foto: dok. warkopanime.com

WARKOPANIME.COM –  Pernah sih kalian mendengar istilah seperti ini “eh barang lu bawa ‘segede gaban’ apa muat di mobil?” atau pernah menyebutkan istilah “segede gaban”?

Tentu kalian tahu dengan istilah diatas tadikan tapi pasti tidak tahu maksudnya “segede gaban” itu apa sebenarnya. Segede gaban itu merupakan istilah yang mengungkapkan atau menggambarkan suatu benda yang dianggap besar atau gede banget.

Apalagi bagi pencinta kebudayaan Jejepangan kata akhir dari “segede gaban” tentu tidak asing di telinga mereka. Gaban sendiri adalah karakter dalam sebuah film serial tokusatsu yang sering anak-anak era 90an tonton dijamannya.

Nama asli gaban sendiri adalah Uchuu Keiji Gavan. Super hero asal Jepang ini pernah hadir dalam dunia pertelevisian swasta di Indonesia juga loh. Maka dari itu kebanyakan orang Indonesia biasanya menyebut gavan menjadi gaban.

Jika dikaitkan dengan istilah “segede gaban” memang tidak ada hubungan sama sekali dengan gavan. Lalu kenapa bisa disebut segede gavan? Pada nyatanya ukuran gavan sendiri seperti manusia normalnya bukanlah raksasa seperti halnya ultraman.

Source Image : Twitter/ancoltmnimpian

Jadi jawabannya adalah seperti gambar diatas. Jadi seiring kepopuleran gavan di tanah air Indonesia di era-nya. Salah satu tempat wisata hiburan, tepatnya Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol Jakarta mereka bekerja sama dengan film Gavan asal Jepang ini untuk membuat sebuah patung gaban di lokasi taman wisata hiburan yang letaknya di Jakarta Utara tersebut.

Patung gaban tersebut memiliki tinggi setidaknya kurang lebih 10 meter. Maka dari itu saking gedenya patung tersebut maka timbullah latahnya orang Indonesia menyebut patung itu dengan segede gaban lalu pada akhirnya munculah istilahnya segede gaban. (rob/FAJAR)

loading...
Click to comment
To Top