Inilah Lokasi Star Wars di Dunia Nyata – WarkopAnime.com
Uncategorized

Inilah Lokasi Star Wars di Dunia Nyata

CNN -NYATA: (Sesuai arah jarum jam): Mos Espa, tampilan luar rumah igloo Luke Skywalker, Hotel Sidi Driss, dan Wadi Rum di Jordania.

WARKOPANIME.COM – Tertarik melancong ke planet lain seperti yang ada di film Star Wars? Bisa. Pasalnya, beberapa tempat di film itu memang ada di bumi. Lokasinya bukan rekaan di studio. Namun nyata dan bisa dikunjungi.

Tak hanya itu, beberapa tempat tidak terpencil jauh dari peradaban seperti yang dibayangkan penggemar film fenomenal tersebut. Mulai makan malam di rumah masa kecil Luke Skywalker sampai hutan belantara. CNN membuat daftar beberapa situs yang mudah diakses untuk penggemar Star Wars yang penasaran.

Salah satu spot adalah Hotel Sidi Driss, Matmata, Tunisia. Hotel Sidi Driss disebut sebagai lokasi Star Wars paling terkenal di dunia. Tempat ini digambaran sebagai rumah masa kecil Luke Skywalker di planet Tatooine. Tempat ini bukan rekaan belaka.

Berabad-abad lampau, bangsa Berber yang menempati kawasan itu membangunnya dan menjadikannya sebagai rumah. Lokasi ini kemudian menjadi hotel dan digunakan oleh George Lucas untuk film Star Wars.

Dekorasi film dibangun saat mereka syuting A New Hope. Namun kemudian dibongkar lagi. Saat syuting Attack of the Clones pada tahun 2000, dekorasi dibikin kembali dan dipertahankan sampai sekarang. Jadi, para tamu bisa makan di meja makan tempat Master Luke muda makan.

Sementara, tampilan luar dari rumah igloo yang ditempati Luke berada 300 kilometer dari Hotel Sidi Driss. Tepatnya di danau air asin yang kering Chott El Jerid. Bangunannya masih ada. Jika tertarik dan punya GPS yang ciamik, igloo itu bisa ditemukan pada koordinat 33°50’34.42″N, 7°46’44.48″E.

Masih di Tunisia, Mos Espa juga berada di sana. Tempat ini adalah lokasi saat Anakin menjadi budak anak-anak dalam The Phantom Menace. Jalan yang digunakan benar-benar dipakai warga Tunisia. Gedung-gedung dengan lubang bak gua di atasnya dimanfaatkan oleh bangsa Berber untuk menyimpan gandum.

Bagaimana dengan padang pasirnya? Salah satu yang digunakan berada di Wadi Rum, Jordania. Dalam film Rogue One, kawasan yang disebut sebagai Moon of Jedhu adalah tempat signifikan spiritual buat Jedi. Jadi, itu bukan berada di planet lain, melainkan di padang pasir di selatan Jordania.

Selain di tempat terpencil, syuting juga di lakukan di tempat keramain. Salah satunya di bekas markas militer RAF Greenham Common di Berkshire, Inggris. Spot ini dijadikan markas pasukan pejuang  X-Wing.

Saat perang dingin, RAF Greenham Common adalah tempat yang paling dijaga ketat oleh Inggris. Di sana digunakan sebagai markas pesawat-pesawat militer AS dan beberapa arsenal nuklir Inggris. Setelah tidak dimanfaarkan lagi oleh militer, beberapa film menggunakannya untuk tempat syuting.

Selain yang sudah disebutkan tadi, masih banyak lagi spot-spot di muka bumi yang dijadikan tempat syuting Star Wars. Bagaimana? Tertarik mengunjunginya? (FAJAR/JPG)

loading...
Click to comment
To Top