Inilah Sejarah Penentapan dan Makna Terkandung dalam Hari Ibu – WarkopAnime.com
Interest

Inilah Sejarah Penentapan dan Makna Terkandung dalam Hari Ibu

maria ulfa dalam kongres wanita1950 - koleksitropenmuseum

WARKOPANIME.COM – Setiap tanggal 22 Desember di Indonesia, dirayakan masyarakat sebagai Hari Ibu Nasional. Namun, banyak yang tidak tahu mengenai sejarah penetapan 22 Desember setiap tahun sebagai Hari Ibu. Bahkan banyak pula yang tak mengerti makna dibalik Hari Ibu Nasional.

Pada pemerintahan yang dipimpin presiden pertama, Soekarno, penetapan 22 Desember sebagai Hari Ibu diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 31 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Penetapan tersebut terjadi pada 22 Desember 1938, saat Kongres Perempuan Indonesia III di Yogyakarta.

Setelahnya, pada 1959, pemerintah menertibkan regulasi soal peringatan Hari Ibu, sekaligus penetapan Hari Ibu sebagai hari nasional.

Saat ini, Kongres Perempuan Indonesia berubah nama menjadi Kongres Wanita Indonesia.

Namun sayang, dalam praktiknya, makna Hari Ibu kini telah bergeser dan dicampuradukkan dengan tradisi barat Mother’s Day.

Padahal, makna ditetapkannya Hari Ibu sangatlah mendalam, bukan sekadar peringatan kasih sayang terhadap ibu dan anak. Akan tetapi, penetapan tersebut sebagai titik balik penerapan fungsi wanita Indonesia sebagai Ibu Bangsa yang berkewajiban menumbuhkan rasa kebangsaan. (rob/FAJAR)

loading...
Click to comment
To Top