Jawaban Kenapa Klan Uchiha Identik dengan Kipas, Merah, Elang dan Gagak – WarkopAnime.com
Anime

Jawaban Kenapa Klan Uchiha Identik dengan Kipas, Merah, Elang dan Gagak

Tiga unsur diatas, kipas, merah dan burung adalah simbol penting di klan Uchiha. Ketiganya merupakan elemen utama yang menggambarkan sejarah, kehormatan dan kekuatan dari klan ini.

Uchiha merupakan remoderasi dari penyebutan Uchiwa atau Tengu no Uchiwa yaitu kipas dari daun Futsia yang memiliki kekuatan sakti (mampu menteleportasikan/memindahkan lewat dimensi lain).

sebutan uchiha kemudian disematkan kepada Madara anak dari Sojobo atau Raja Tengu dan salah satu wanita dari klan Hyuuga. Klan Hyuuga diketahui merupakan salah satu klan tertua di Konoha. Mereka telah ada sejak lahirnya desa.

Bertahun-tahun yang lalu hidup seorang gadis dari klan Hyuuga yang jatuh cinta kepada orang asing. Ia memutuskan untuk menikah dengan orang itu dan mengundang banyak protes dari klannya. Alasannya, orang yang ingin dinikahinya bukanlahlah manusia. Namanya adalah Sojobo, Raja Tengu.

Dalam sejarah nyata, Tengu adalah makhluk dalam legenda Jepang. Mereka berasal dari kaum penunggu gunung (berapi), atau yōkai yang erat hubungannya dengan burung elang dan gagak. Itu sebabnya, dalam klan Uchiha (pada patung) sering ditemui simbol gagak atau elang.

patung perwakilan dari wujud Tengu (gagak dan elang)

patung perwakilan dari wujud Tengu (gagak dan elang)

Simbol warna merah dari Klan Uchiha diambil dari warnah warna kulit dari Tengu. Tengu sendiri ada dua jenis, Karasu tengu (bentuknya mirip gagak dengan paruh dan sayap) dan Konoha tengu (disebut juga dengan Yamabushi tengu). Sojobo adalah Konoha tengu. Ia mempunyai hidung yang panjang dan rambut putih dengan sepasang sayap hitam di punggungnya.

sosok Tengu dalam Legenda Jepang

sosok Tengu dalam Legenda Jepang

Sebagai raja tengu, Sojobo memiliki kekuatan mistik. Ia membawa kipas yang terbuat dari daun Fatsia yang dapat mengakibatkan badai.

Ia bisa menteleportasikan dirinya atau benda lain dari satu tempat ke tempat lain. Ia juga bisa berkomunikasi dengan orang secara telepati atau juga mengendalikan pikiran mereka dan membuatnya menjadi gila.

Di samping itu, Sojobo juga dikenal karena kemampuan berubahnya. Ia terkadang bertransformasi sebagai wujud manusia untuk berinteraksi dengan orang-orang.

Di sisi lain, gadis dari klan Hyuuga ini telah jatuh cinta kepada Sojobo yang mengambil wujud manusia tanpa mengetahui identitas sebenarnya. Mereka kemudian menikah tak lama setelah bertemu satu sama lain.

Kurang lebih satu tahun kemudian, gadis itu hamil dan melahirkan putra pertamanya. Sojobo menamai putranya Uchiha, Uchiha Madara, yang dimana Uchiwa berarti kipas. Dan tentu saja seperti yang telah kita ketahui, kipas tersebut juga kemudian menjadi simbol Klan ini.

loading...
Click to comment
To Top