Seberapa Kuat Sage Of The Six Paths Sebenarnya? – WarkopAnime.com
Interest

Seberapa Kuat Sage Of The Six Paths Sebenarnya?

Bagaimanakah kekuatan sebenarnya dari Sage of The Six Paths atau biasa dikenal dengan petapa dari Enam jalan alias Rikudo Sennin? Jika kalian ingin coba mengetahui seberapa banyak kekuatan yang dibutuhkan untuk mengangkat bulan (Chibaku Tensei) dari permukaan bumi ke luar bumi! Simak ulasannya mengenai bagaimana bentuk kekuatan dari Sage of The Six Paths dibawah ini.

Pain pernah berbicara tentang bagaimana petapa dari enam jalur membuat Bulan dengan menggunakan Chibaku Tensei. Untuk kepentingan diskusi atau opini ini, saya akan berasumsi bahwa planet yang berada didalam serial kesayangan kita Naruto sama hal nya dengan kehidupan nyata kita seperti Bumi dan Bulan dalam serial Naruto dibuat sama persis dengan kehidupan nyata dan manga Naruto yang dibuat  oleh sang empu Masashi Kishimoto.

Dibutuhkan sebuah energi untuk mengangkat sesuatu dari Bumi. Semua benda yang berada di permukaan Bumi memiliki energi pontensial yang terkait dengannya. 

Ketika kita mengangkat sesuatu dari permukaan, potensi ini perubahan energi. Jadi kita bisa menghitung energi yang dibutuhkan untuk mengangkat sebuah benda dari permukaan bumi dengan mengambil perbedaan antara dua energi potensial!

Seperti yang kalian ketahui pernah ditunjukkan dalam serial Naruto Manga dan Anime, Chibaku Tensei sebuah jutsu yang melibatkan retakan-retakan atau serpihan permukaan dari planet Bumi dan bergerak ke arah gravitasi bola yang melayang dari atas tanah. Berikutnya disini kita akan membahas situasi yang sama dengan hal ini.

Dibawah ini kita akan membahas masalah yang telah disebutkan diatas menjadi dua bagian yang telah disederhanakan seperti:

  • Pertama kemungkinan Bulan sudah dibuat dan telah ada di permukaan Bumi. Dan pusat radius Bulan sendiri berada pada di Bumi ini.
  • Kedua adalah Bulan di dalam orbit mengelilingi Bumi.

Dan sekarang kita mencoba beropini lebih serius membandingkan penjelasan diatas dengan beberapa hitungan matematika nya.

Kita akan menggunakan “E” di sini sebagai pengganti x10x karena lebih mudah untuk ditulis dan diingat. Massa Bumi 5.972e24 kg. dan massa Bulan 7.348e22 kg.

Sejak jutsu Chibaku Tensei yang kita ketahui bahwa jutsu tersebut mengambil massa dari Bumi untuk menciptakan Bulan, massa Bulan sebelumnya dari Bumi akan menjadi dua jumlah massa yang berati massa awalnya adalah 6.045e24 kg. Itu berati bahwa petapa dari enam jalur (Sage of The Six Paths) mengambil sekitar 1/10 dari massa Bumi!

Jarak antara Bumi dan Bulan adalah 384.400 km atau 3.844E8 m. Jadi petapa dari Enam jalur (Sage of The Six Path) mengangkat Bulan yang memiliki berat 7.348E22 kg dan membawa keluar dari Bumi dengan jarak 384.400.000 meter.

Sekarang kita telah mendapatkan angka-angka nya seperti yang telah ditulis dan dijelaskan diatas tadi dan mari kita selesaikan dengan melakukan beberapa perhitungan nyatanya.

Energi potensial gravitasi suatu benda digambarkan dengan persamaan:

E = Ug =  [-G(M1)(M2)]/r

‘Ug’ adalah energi potensial gravitasi, sedangkan ‘G’ adalah gravitasi konstan, 6.674E-11‘M1’ dan ‘M2’ adalah masing-masing dari massa bulan dan bumi. ‘R’ adalah radius planet ini.

Ketika sebuah benda di dalam orbit, ia memiliki energi kinetik yang terkait dengan benda itu juga. Gaya gravitasi memberikan gaya sentripetal pada objek yang mengorbit sehingga:

F = ma = (M1v^2)/r' = Fg = [G(M1)(M2)]/r'^2

dan energi kinetik adalah 1/2mv2 jadi

K = 1/2M1v^2 = [G(M1)(M2)]/2r'

sehingga total energi dari Bulan mengorbit akan E = UGK atau

E = [-G(M1)(M2)]/r' + [G(M1)(M2)]/2r' = [-G(M1)(M2)]/2r'

Pikirkan apa yang baru saja terjadi di atas sebagai -1 + 1/2 = -1/2. Jadi untuk menentukan semua nilai yang diperlukan: ‘F’ adalah kekuatan, ‘m’ adalah massa, ‘a’ adalah percepatan, ‘v’ adalah kecepatan, dan ‘Fg’ adalah gaya gravitasi.

E adalah total energi. r’ adalah jarak bulan dari pusat bumi (sekarang di dalam orbit). M2 adalah massa Bumi.

Jadi untuk mengetahui energi yang dibutuhkan untuk mengangkat bulan, kita hanya menemukan delta E, yang merupakan Energi Akhir – Energi awal.

Dalam hal ini, energi akhir adalah bulan telah mengorbit di luar Bumi dan energi awal adalah ketika Bulan berada dipermukaan Bumi.

Bulan mengorbit memiliki energi kinetik dan potensial yang terkait dengan nya sedangkan bulan di permukaan hanya memiliki energi potensial yang terkait dengan nya. Jadi sekarang kita menghitung delta E:

deltaE = Ef - Ei = [[-G(M1)(M2)]/2r']  - [[-G(M1)(M2)]/r]  

atau

deltaE = [-G(M1)(M2)](1/2r' -1/r)
  • G = Gravitasi Konstan = 6.673E-11 m3 kg-1 s-2
  • M1 = massa Bulan = 7.348E22 kg
  • M2 = massa Bumi = 5.972E24 kg
  • r = jari-jari atau radius Bumi = 6.371E6 m
  • r’ = jarak dari pusat Bumi ke pusat Bulan = 3.844E8 m

Jadi energi yang dibutuhkan untuk mengangkat Bulan dari permukaan Bumi adalah: 4.558E30 J

[J = Joule]

Untuk menempatkan hasil diatas ke dalam hal perspektif lagi seperti satu ton TNT memiliki 4.184E9 J. Petapa dari Enam Jalur (The Sage of the six paths) menggunakan energi setara dengan 1.089E 21TON TNT. Itu sama saja setara dengan 1.089.000.000.000.000.000.000 ton TNT.

Jadi sekarang, seperti yang kalian lihat, saya telah membuat asumsi tertentu tentang opini dari situasi mengenai mengukur berapa kuat energi yang dimiliki Sage of The Six Paths. 

Namun, perhitungan diatas harusnya memberikan gambaran sedikit mengenai bagaimana kuatnya dan pastinya energi petapa dari enam jalur ini sangat besar ketika menggunakan jutsu Chibaku Tensei dalam menciptakan Bulan didalam serial Naruto.[griffiths/robi/warkopanime/FO]

 

Thanks to Original Author Version English by kreutzoe

Source: Otakukart

 

loading...
Click to comment
To Top