Lucunya Gaya Seragam Pelajar Jepang di Japan Fashion Event – WarkopAnime.com
News & Info

Lucunya Gaya Seragam Pelajar Jepang di Japan Fashion Event

Lucy Pop Perkenalkan Seragam Jepang (Rieska/JawaPos.com)

WARKOPANIME.COM – Sekolah formal negeri di Indonesia memiliki warna seragam yang sama, yaitu putih merah untuk tingkat SD, putih biru untuk tingkat SMP, dan putih abu-abu untuk tingkat SMA. Begitu pula negeri sakura, memiliki berbagai model seragam sekolah yang unik dan lucu. Film anime Jepang seperti Sailormoon, Haikyuu!! dan Slam Dunk juga menampilkan gaya berseragam pelajar Jepang.

Di Japan Fashion Event, gaya seragam ini ingin diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia dalam momen yang berbeda. Negeri sakura memang paling juara untuk menjadi kiblat gaya remaja Asia. Seragam pelajar Jepang yang berwarna-warni disuguhkan sebagai pilihan alternatif model pakaian terbaru bagi masyarakat Jakarta.

“Di tahun 2017 ini masih populer banget bagi masyarakat Asia untuk menggunakan seragam pelajar Jepang agar lebih gaya. Kalau di Jepang, seragam ini dipakai pada saat pergi ke sekolah atau festival kebudayaan,” kata ceo Hibiki Inc, Futoshi Kamiyama, brand seragam pelajar Jepang Lucy Pop dalam Japan Fashion Event di Kota Kasablanka 14-15 Januari.

Futoshi menjelaskan dengan populasi penduduk yang besar, Indonesia menjadi pasar yang potensial di Asia. Karena itu, kata dia, tujuan mengikuti Japan Fashion Event untuk mengembangkan desain-desain mereka.

“Kami mencari partner bisnis dalam kegiatan perdagangan ekonomi Indonesia yang semakin berkembang pesat, banyak satu perusahaan yang punya 100—1000 toko lalu produk kami nantinya didistribusikan di toko-toko di Indonesia. Bukan hanya Indonesia, tetapi kami juga mengembangkan sayap di negara lain di Asia,” katanya.

Futoshi berbagi cerita soal budaya dan gaya seragam pelajar di Jepang dengan warna-warna seragam yang lucu. Semakin pendek rok seragam mereka, maka akan semakin terlihat lucu. Seragam ini dipakai dari tingkat SMP dan SMA dengan warna pilihan yang ditentukan sesuai kebijakan sekolah.

“Kalau di luar Jepang yang pakai lebih dewasa umurnya 20-30an. Di Prancis, di Tiongkok, banyak yang ngefans dengan gaya Jepang. Di Jepang, kalau rok lebih pendek lebih lucu dan diizinkan oleh pihak sekolah,” ungkapnya.

Dulu pihak sekolah memang hanya mengizinkan menggunakan rok di bawah lutut bagi pelajar, namun seiring perkembangan zaman dan gaya, pihak sekolah juga memperbolehkan. Begitu pula penggunaan kaos kaki yang umumnya lebih panjang sampai ke lutut.

“Memang normalnya kaos kaki lebih panjang, di Jepang ada 3 jenis panjangnya kaos kaki. Normal di bawah lutut, ada yang pendek, ada yang di atas lutut,” tuturnya.

Lucy Pop, saat ini masih fokus memproduksi seragam sekolah. Namun nantinya, pihaknya akan mengembangkan alat tulis, piyama, pakaian dalam, dan pernak pernik. (fajar/JPG)

loading...
Click to comment
To Top