Mengapa Setiap Mangekyo Sharingan Di Serial Naruto Berbeda? – WarkopAnime.com
Interest

Mengapa Setiap Mangekyo Sharingan Di Serial Naruto Berbeda?

Mangekyo Sharingan merupakan salah satu dojutsu sangat kuat yang dapat dibangkitkan dengan sang pengguna mengalami trauma besar, tapi apa sebenarnya yang menentukan kekuatan mereka setelah mendapatkannya?

Setiap sepasang mata Mangekyou Sharingan tampaknya memberikan kemampuan yang berbeda serta bentuk yang berbeda pula dan hari ini saya akan mencoba menyajikan teori dan opini tentang bagaimana kemampuan Mangekyou yang telah ditentukan dari sang pengguna itu sendiri.

Saya pecaya bahwa setiap kemampuan individu Mangekyou Sharingan ini adalah salah satu simbol dari perasaan dan emosi sekitar sang pengguna disaat kebangkitan kekuatan tersebut pada diri mereka masing-masing.

Selanjutnya dibawah ini akan dijelaskan tentang kemampuan Mangekyou Sharingan dari tiap masing-masing karakter yang berbeda di serial Naruto.

1. Itachi Uchiha

itachi-mangekyou-reveal

Mangekyou Sharingan Itachi Uchiha memungkinkan dirinya untuk menggunakan Genjutsu yang bisa mengubah waktu dan serta Amaterasu untuk membakar target sampai hilang karena Amaterasu merupakah api hitam yang abadi. Kebangkitan Mangekyou Sharingan milik Itachi ini terjadi ketika sahabatnya, Shisui Uchiha bunuh diri.

Kemampuannya itu dapat ditentukan sendiri oleh Itachi yang ingin mengubah waktu atau menulis ulang waktu sehingga hal-hal seperti yang seharunya tidak perlu terjadi ini merupakan kemampuan dari Tukuyomi yang dapat mengubah waktu dengan Genjutsu. Amaterasu bisa di simbolkan dengan kemarahan dari Itachi saat kematian Shisui yang sangat jelas ia sangat kehilangan sahabatnya tersebut.

 

2. Sasuke Uchiha

e3318ead0d6c8b3070327e30e8161165

Sekarang membahas dari Mangkeyou Sharingan milik Sasuke. Ketika ia membangkitkan kekuatan Mangkeyou ia memperoleh Amaterasu serta kemampuan untuk mengendalikan api hitam Amaterasu dan membuat api itu terpadam sesuai keinginannya.

Pertama disini kemampuan Amaterasu dapat dijelaskan oleh sebuah kemarahan Sasuke terhadap situasi yang dimana Itachi Uchiha memaksa dia untuk terseret kedalam konflik yang dibuat oleh Itachi yaitu Pembantaian Klan Uchiha serta keluarganya dan juga kematian sang kakak ditangan dirinya sendiri.

 

3. Obito Uchiha (Tobi) dan Kakashi Hatake

obito___i__m_in_hell_by_staf93-d5hh3a4

Obito dan Kakashi keduanya telah membangkitkan Mangekyo Sharingan mereka ketika Kakashi tanpa sengaja membunuh Rin sementara diwaktu yang sama Obito melihat kejadian tersebut.

Pertama kita akan membahas mengenai Obito terlebih dahulu.

Obito mendapatkan kemampuan untuk menggunakan Kamui sehingga membuat dirinya seperti tidak berwujud dan mampu teleport ke dimensi lain dapat dijelaskan Mangekyou Sharingan Obito ini merupakan sebuah simbol dari ekspresi emosional mati rasa setelah ia menyaksikan Rin mati di tangan sahabat dan teman satu tim, Kakashi meskipun itu tidak disengaja. Disaat itulah hatinya hancur karena ia telah menyaksikan dengan kedua matanya orang yang dicintainya telah pergi.

Intangibility nya atau kemampuan Kamui nya adalah simbol dari ketidakmampuannya untuk mempunyai sebuah perasaan lagi (mati rasa). Teleportasi ke dimensi lain secara tidak langsung dapat mewakili rasa kesepian Obito yang sekarang ia rasakan. Dia kehilangan orang yang ia suka selama ini dan merasakan sepi dari biasanya, seolah-olah ia berada di dunia yang dihuni oleh dirinya sendiri.

kamang4

Sedangkan Kamui Kakashi adalah kemungkinan kebalikan dari kemampuan Obito yaitu dalam penggunaan jangka panjang dari teknik ini. Dan ini bisa menjadi simbol dari Kakashi yang ingin menjangkau Obito untuk meminta maaf karena tidak memenuhi janjinya.

 

4. Madara Uchiha

iRrw0ga

Mangekyou Sharingan Madara Jika dilihat dari kemampuannya terutama berkisar disaat dia menggunakan Susano’o tetapi ia juga dapat menunjukan kemampuan untuk mengubah waktu sedikit. Mangekyou Sharingan miliknya bisa menjadi simbol dari rasa penyesalan Madara tentang kehilangan adiknya Izuna Uchiha disaat itu juga ia mendapatkan kekuatan mata Mangekyou Sharingan nya.

 

5. Shisui Uchiha

kotoamatsukami

Dengan kemampuan Mangekyo Sharingan Shishui, saya percaya Kotoamatsukami nya adalah sebuah bentuk refleksi dari keinginannya untuk mengubah kejadian di masa depan untuk menebus kegagalannya di masa lalu.

Kebangkitan Mangekyo Sharingan Shisui ketika dimana teman dan saingannya tewas dan saya percaya dan kalian ketahui bahwa Kotoamatsukami miliknya dapat membuat kedamaian jika digunakan secara tepat dan mencegah pertumpahan darah akibat peperangan.

Seperti kalian ketahui bahwa setiap orang atau karakter di serial Naruto yang telah membangkitkan kekuatan Mangekyou Sharingan di Kedua matanya juga dapat memiliki kemampuan untuk menggunakan Susano’o. Sekarang Susano’o yang dimaksudkan untuk menjadi pelindung yang kuat bagi semua pemilik kekuatan mata Mangekyou Sharingan ini dari bahaya.

Tapi hanya mereka saja yang memperoleh Eternal Mangekyou Sharingan yang memperoleh Susano’o dengan bertubuh penuh dengan armornya, kecuali untuk Kakashi yang memiliki kekuatan EMS semu atau sementara dari hasil chakra Obito mode Six Path.

Sekedar opini dari saya bahwa evolusi dari kekuatan mata Sharingan milik Uchiha ini adalah karena kekuatan yang berasal dari Saudara yang telah meninggal akan menyatu atau memiliki salah satu kekuatan mata dari milik saudaranya tersebut.

Susano’o dapat digantikan atau bertambah kekuatannya menjadi lebih kuat lagi seperti hal nya dengan Sasuke dan Madara yang memiliki kekuatan Mangekyou Sharingan milik Saudaranya sendri sehingga mereka mendapatkan kekuatan baru dimata mereka masing-masing.

Sekali lagi, Penjelasan diatas  itu adalah sebuah simbol dan refleksi dari karakter yang berhasil membangkitkan kekuatan Mangekyou Sharingan berdasarkan emosional perasaannya.

Seperti yang kita ketahui dan percaya bahwa Masashi Kishimoto memberi semua karakter dengan kemampuan yang berbeda untuk menunjukan individualitas mereka masing-masing dan sebagai untuk melambangkan dari karakter sendiri.

Masashi Kishimoto menyukai simbolise seperti yang dilakukan banyak seniman dan jika dipikir dia mengambil kesempatan ini untuk menciptakan lebih banyak lagi simbolisme pada tiap karakter-karakter di serial Naruto dan menghubungkannya dengan cerita mereka sendiri dan mencerminkan penggunanya.[warkopanime/FO/griffiths/robi]

 

Source: Otakukart

loading...
Click to comment
To Top