Pesan Atau Nasihat Yang Terdapat Dari Manga Dan Anime Naruto Untuk Di Dunia Nyata – WarkopAnime.com
Manga

Pesan Atau Nasihat Yang Terdapat Dari Manga Dan Anime Naruto Untuk Di Dunia Nyata

Kali ini kita akan membahasa mengenai tentang beberapa pesan yang terkandung di anime dan manga kesayangan kalian semua yang tak lain ialah Naruto. Meskipun manga nya sendiri sudah tamat tapi masih banyak yang terkandung pesan dari manga Naruto itu sendiri. Pesan seperti apa yang terkandung didalam manga kesayangan kita semua ini? tentunya sebuah pesan yang mungkin akan bermanfaat untuk kita semua.

Memang sang mangakanya sendiri, Masashi Kishimoto selalu menyisipkan pesan moral kepada para pembaca setia manga nya Naruto. Tapi hanya beberapa saja yang mengerti tentang pesan yang disampaikan oleh sang mangaka nya itu sendiri. Tapi jangan cemas para Navers yang tidak tahu pesan apa saja yang terkandung didalam manga kesayangan kita ini. Mari kita ulas semua isi pesan moral yang buat oleh Masashi Kishimoto untuk para penggemar manganya ini, seperti dibawah ini :

 

Jalan Cerita

Anime Naruto memadukan banyak unsur seperti dunia shinobi, budaya, dan mitologi. Seperti mitologi amaterasu, Orochi, Kusanagi, Izanami , Bijuu dll. Pengarang menciptakan banyak jurus dengan kombinasi segel tangan berbeda setiap jurusnya, dan segel tersebut diambil dari nama 12 shio binatang.Begitu pula tenaga dalam seorang Shinobi yang berdasarkan dari Cakra yang secara ilmiah ada. Tetap menggunakan filosofi ninja spt seorang shinobi harus bisa berpikir 2 – 3 langkah kedepan, sehingga membuat pertarungan kadang tidak terpikirkan, harus memiliki rencana cadangan , plan B, C, D dst.

Di Anime ini juga digambarkan sistem kenegaraan yang bagus, peran militer,rakyat dan pemimpin digambarkan cukup nyata. Seperti peran Danzo sebagai gerakan militer bawah tanah, mempunyai sifat sangat keras tidak kenal kompromi dengan segala macam ancaman yang mungkin mncul, walaupun keputusannya kadang amat kontrofersial tetapi sebenarnya tetap tujuannya untuk melindungi desa. Dan peran Hogake yang melindungi rakyatnya.. menganggap rakyat bagian dari keluarganya.

 

Kepemimpinan

Seorang yang bekerja lebih keras, pantang menyerah, lebih banyak dari orang lain dan untuk banyak orang lambat laun orang-orang disekitarnya pun akan tergerak hatinya untuk membantunya walau tanpa disuruh sekalipun mewujudkan tujuan bersama,itu kata Kakashi.

Karena mengapa? seperti kata iklan aqua.. kebaikan mengair bagaikan air.. Yang bisa menggerakkan orang lain.. Termasuk yang dapat menjadi pemimpin yang baik adalah Shikamaru. Ia dapat mengatur strategi jauh kedepan, mengorganisir, bertanggung jawab, tahu kelebihan rekan eteamnya sehingga dapat membagi tugas dengan tepat.

 

Kerja Sama Tim

Menang atau kalah adalah hasil kerja satu tim, seorang shinobi tidak boleh meninggalkan salah satu teman setimmnya, tidak boleh mengorbankannya, semua harus ditanggung bersama. Kerja sama tim dalam dunia kerja sangat dibutuhkan, lalu dicontohkan dan diceritakan tentang Tim 7 merebut lonceng dari guru Kakashi dan ancamannya jika ada salah satu yang tidak mendapat lonceng itu maka ia dihukum tidak diberi makan siang, alhasil Naruto lah yang gagal, ia harus menerima hukuman tidak boleh makan siang, akan tetapi sasuke malah memberikan sebagian jatah makan siangnya, dan ternyata itu lah yang benar karena Orang yang melanggar peraturan memang disebut sampah, tapi orang yang meninggalkan temannya itu lebih rendah daripada sampah.

 

Setia Kawan

Teman adalah hal yang berharga( hampir disemua anime juga kayak gitu). Jadi kalau punya teman sebaiknya jaga ikatan itu. Siapa tahu membawa rejeki. Didunia Naruto mempunyai teman itu sulit apalagi bagi sorang Jinjuriki, tapi langkah hebatnya jika bisa membuat musuh menjadi teman, apalagi dengan pembuktian pada mereka bahwa apa yang mereka pikirkan terhadap kita adalah salah sehingga dapat merubah pikiran mereka bahwa kita tidak seperti yang mereka pikirkan. Karena sesungguhnya setiap manusia ingin diakui.(tentang segala hal).

 

Perjuangan & Jalan Ninja

Saat kau memutuskan sesuatu , artinya kau memilih sebuah jalan, di naruto disebut Jalan Ninja. Dan saat kau memilih jalan, apapun yang terjadi kau harus terus menapaki jalan tersebut, jangan goyah terus berjuang sampai apa yang kau pilih tercapai. seberapa sulitpun itu.

 

Cinta Kasih , Peri Kemanusiaan dan Tekad Api

Tujuan sebenarnya Akatsuki adalah membawa perdamaian diseluruh dunia Shinobi yaitu caranya dengan seperti apa yang diajarkan Jiraiya Sensei yaitu saling memahami, saling mengerti rasa sakit.

” Saat kau disakiti kau akan membenci, namun saat orang lain tersakiti olehmu dia akan membencimu dan kau juga akan mulai merasa bersalah, memahami penderitaan orang lain akan mengajarkan untuk berbuat lain, manusia akan tumbuh dengan memahami berbagai penderitaan. Dengan saling memahami, kita akan bisa berpikir apa yang akan kita lakukan. “

Coba kalau bisa diterapkan didunia nyata? Kurasa tidak akan bisa ! perang akan terus berlanjut kalau ada pihak-pihak yang masih mengeklusifkan diri, merasa benar, tidak toleran terhadap golongan lain yang berbeda dengan golongannya dan tidak mau saling memahami tidak mau saling mengerti dan menghargai.

 

Seperti ini mirip juga seperti apa yang dipahami Ir.Soekarno tentang peri kemanusiaan:

Bung Karno membedakan antara kemanusiaan (mensheid) dan perikemanusiaan (menselijkheid). Kata Bung Karno, kemanusiaan itu adalah alam manusia. Kemanusiaan itu sudah ada sejak dahulu, yaitu sejak adanya manusia.

Sedangkan perikemanusiaan lain lagi. Kata Bung Karno, perikemanusiaan adalah jiwa yang merasakan bahwa antara manusia dan manusia lainnya ada hubungannya; jiwa yang hendak mengangkat/membedakan jiwa manusia itu lebih tinggi daripada jiwa binatang.

Pendek kata, pemeluk perikemanusiaan itu melihat dirinya sebagai satu kesatuan dengan lainnya dalam suatu masyarakat.

Perikemanusiaan adalah hasil perkembangan rohani; hasil perkembangan kebudayaan; hasil dari perkembangan masyarakat dari tingkat rendah ke tingkat tinggi. Pendek kata, kemanusiaan merupakan hasil evolusi.

Semangat Senju (火 の 意志, Hi no Ishi) atau biasa disebut Tekad Api adalah ajaran dan filosofi yang diyakini oleh Hashirama dan Klan Senju yang pada akhirnya diwariskan secara turun temurun kepada seluruh ninja di Konohagakure sebagai warisan rohani. Semangat ini berasal dari keyakinan Asura Ōtsutsuki bahwa cinta adalah kunci untuk tercapainya perdamaian. Semangat ini mengajarkan bahwa seluruh desa seperti unit keluarga besar dan setiap shinobi Konoha dengan Semangat apinya harus saling mencintai, percaya, menghargai, dan berjuang untuk melindungi desa, seperti yang telah dilakukan oleh generasi sebelumnya mereka.Di Konoha, ada patung api yang terdapat di kuburan, patung / monumen api ini merupakan simbol yang mewakili semangat ini, dibawah simbol tertulis “Hokage” (火影, harfiah berarti: Bayangan Api) . Hashirama juga memiliki singgasana yang dibelakangnya terdapat lambang api serupa

Menurut Hiruzen Sarutobi, Semangat Senju adalah semangat yang memberikan Shinobi Konohagakure kekuatan untuk terus berjuang melawan segala rintangan, membangun kemauan dan kekuatan karakter. Semangat juga merupakan simbol harapan dan impian dari generasi sebelumnya yang diwariskan ke generasi yang akan datang; misalnya, ketika Asuma Sarutobi terbunuh, harapan dan mimpi-mimpinya diwariskan pada Shikamaru Nara, dan semangat Asuma pada gilirannya akan diwariskan kepada anaknya dengan Kurenai.Semangat yang diwariskan! bila seseorang meninggal maka janganlah kau coba kau lupakan orang tersebut, malahan ingatlah jasa dan kebaikannya,tirulah semangatnya, buatlah ia terus hidup dalam hati , sehingga ia meninggalkan sesuatu.

 

Bacot No Jutsu

Pesannya adalah memutus rantai kebencian didunia Shinobi. Jadi apalah artinya kalau musuh dibunuh. Malah cerita Naruto gak akan tamat karena tidak mencapai tujuan anime ini.

Ini sesuai dengan falsafah Jawa yaitu “Sura dira jayaningrat lebur dening pangastuti” yang artinya

“Semua bentuk angkara murka yang bertahta dalam diri manusia akan dapat dihilangkan dengan sifat sifat lemah lembut, kasih sayang dan kebaikan”.

 

Persatuan

Bagaimana tidak? Semua negara bisa saling bersatu padahal dulunya saling bermusuhan. Hal ini dapat terjadi jika setiap pemimpin dan rakyatnya mau mengesampingkan egonya masing-masing untuk menghadapi masalah bersama. Tekad Hashirama yang ingin menyatukan semua dan akhirnya gagal sepertinya mirip pula dengan Tekad Soekarno yang ingin menyatukan Nasionalis, Agama dan Komunis yang ternyata gagal juga..tetapi seandainya berhasil mungkin luar biasa.

 

Tokoh

Anime ini mengajarkan bahwa sebenarnya setiap orang dilahirkan menjadi baik. Tidak ada yang jelek. Tidak ada manusia dilahirkan lalu menjadi tokoh Antagonis terhadap seseorang. Bagitulah, seperti Madara pun, ia pada mulanya baik, bahkan cita2 membangun desa yang jauh dari peperangan adalah idde Madara, Orochimaru, Pain, Nagato, Sasuke, Itachi dilahirkan baik. Akan tetapi, tentu ada sesuatu hal yang membuat mereka membelokan arah Jalan Ninjanya. Dan mungkin inilah peran pemeran utama untuk mengembalikan ke jalan yang benar. Naruto yang bukan siapa-siapa bisa meyakinkan semua orang untuk mengakui dunia dan menyatukan dunia.

 

Biju

Sesungguhnya disetiap diri seseorang ada monster didaamnya, kita harus bisa mengendalikannya. Setiap kekuatan besar mempunyai tanggung jawab besar pula, Kekuatan yang sangat besar mampu merubah sesuatu bahkan dunia, akan tetapi pilihan itu ada di tangan yang punya kekuatan akan igunakan untuk kebaikan dan merubah dunia ke arah lebih baik atau sebaiknya. Contohnya dalam hal ini Nagato, yang menggunakan kekuatan besarnya ke perubahan yang salah, ia berniat menghancurkan Konoha, walaupun pada akhirnya ia dapat juga di nasihati oleh Naruto. Dan karena itu juga tokoh Naruto mempunyai kekuatan besar, tujuannya ya, untuk dapat merubah dunia, ke arah yang lebih baik. Mungkin monster pada diri seseorang akan keluar jika ia kelaparan.

 

 

Kira-kira itulah pesan yang terkandung dimanga kesayangan kita Naruto untuk kita di dunia nyata. Sekira nya menurut kalian ada tambahan mengenai artikel diatas jangan ragu untuk berkomentar yah sobat WKN. Terima kasih

loading...
4 Comments
To Top