Panitia Tokyo Comic Con Mencabut Larangan Bagi Pria Crossplay – WarkopAnime.com
News & Info

Panitia Tokyo Comic Con Mencabut Larangan Bagi Pria Crossplay

Crossplay - ladybeardjapan via Facebook

WARKOPANIME.COM – Sebelumnya pada tanggal 21 Oktober, pihak Comic-Con melarang keras bagi para pria untuk crossplay pada acara Tokyo Comic-Con mendatang. Aturan ini sudah dicantumkan secara resmi bagi pria yang mau mengikuti kontes cosplay ataupun yang menghadiri acara dilarang mengenakan kostum wanita.

Semenjak pengumuman peraturan dan pelarangan baru tersebut sontak memicu kontroversi dari berbagai situs-situs asing yang mempublikasikan berbagai informasi seputar Culture Japan, terutama peraturan itu terlalu berat sebelah dan juga tidak di berlakukan hal sama dengan perempuan yang melakukan Crossplay.

Sementara itu panita Con tidak dapat menjelaskan alasan dari larangan tersebut, diduga ada spekulasi bahwa aturan jenis ini diletakkan pada tempat untuk mencegah sebagian jumlah pria dewasa untuk mengenakan kostum seragam sekolah perempuan untuk menghindari “terorisme visual” atau dengan kata lain kejahatan visual dan kencendrungan akan menimbulkan kelainan seksual, mungkin dari sanalah timbul mengacu pada pembuatan larangan tersebut.

Namun, setelah timbul kontraversi tersebut. Saat itulah panita mencabut larangan baru tersebut. Hal ini diperkuat dari statment panitia melalui laman Facebook Tokyo Comic Con yang sebagaimana warkopanime.com lansir via animenewsnetwork, seperti dibawah ini:

“Sebagai hasil dari konsultasi bersama, kami selaku panitia akan menghapus larangan bagi pria yang Crossplay. Bagaimanapun juga sebagai gantinya untuk kalian yang ikut mempersertakan diri dalam kontes cosplay. Kami akan memberikan ID Card dengan memiliki warna yang berbeda untuk pria dan wanita begitu juga tempat pendaftaran kontes Cosplay akan dipisahkan juga.”

“Nantinya ID Card yang didapatkan dari pendaftaran kontes Cosplay tadi akan diperiksa ulang di pintu masuk serta ke kamar mandi dan ruang ganti, jadi kami harap komitmen dari kalian ini harus dijaga. Kami meminta pengertian dan kerjasama selama event ini berlangsung.”

Biaya untuk mengikuti pendaftaran kontes Cosplay harus merogoh kocek sebesar 500 Yen ($4.79) atau setara dengan 65 ribuan Rupiah. Event Comic Con memiliki banyak peraturan dan pembatasan bagi para kontestan Cosplay seperti larangan Cosplay di luar wilayah fotografi yang sudah ditunjuk oleh panita, persyaratan pakaian, larangan menggunakan kostum polisi, pemadam kebakaran dan seragam militer serta larangan cosplay dengan menampilkan unsur sensualitas yang ekstrim sehingga menciptakan ketidaknyamanan para pengunjung. (rob/FAJAR)

loading...
Click to comment
To Top