Baca Nih Sob!! Tentang Penjelasan Mengenai Kimono Jepang – WarkopAnime.com
Interest

Baca Nih Sob!! Tentang Penjelasan Mengenai Kimono Jepang

Pasti banyak dari kalian yang penggemar Jepang kan yah? Buat kalian penggemar Jepang, pasti familiar donk dengan pakaian tradisionalnya bernama “kimono”. Nah, aku pengen jelasin nih apa sih kimono itu? Kapan yah dipakainya? Lalu apa aja sih yang diperlukan untuk mengenakan kimono? Bagaimana sih memakai kimono secara benar? Apa aja sih jenis-jenis dari kimono? Pasti banyak banget dari kalian yang penasaran tentang kimono. Semoga bermanfaat yah

Kimono itu adalah pakaian tradisional Jepang yang dikenakan untuk acara formal. Beda acara, beda pula kimono yang dikenakan. Seperti acara “Ceremony coming of age”, para wanita Jepang yang akan berumur 20 tahun, akan memakai “furisode”.
Dan untuk acara pernikahan, wanita Jepang akan mengenakan “tomesode” atau “homongi” untuk wanita yang sudah menikah.
Untuk pria, ada yang dinamakan “Montsuki hakama”. Kimono jenis ini dikenakan untuk acara2 formal juga.
Untuk anak kecil, ada “Hifu” dan “yotsumi”. Kimono jenis ini dikenakan oleh anak2 yang berumur 3 tahun, 5 tahun, dan 7 tahun.
Banyak banget yah jenisnya. Tapi, jangan khawatir bakal jelasin ke kalian kok semuanya

Untuk kimono yang biasa, yang kamu perlukan untuk memakai kimono secara benar adalah:

Foto: Source google Image

Foto: Source google Image

Tentu saja kamu memerlukan kimononya sendiri! Kimono ada berbagai macam warna dan design, serta style yang bisa kamu pilih sesuka kamu.

Sebelum memakai kimono, kamu memerlukan “hadagi” dan “juban”. Ini berfungsi seperti pakaian dalam dari kimono. Juban dikenakan diatas hadagi. Ketika kamu memakai juban, pastikan kalau kamu menyediakan space sekitar 5 cm dari leher belakang kamu. Hal ini dilakukan agar kimono kamu terlihat lebih cantik.
PENTING: leher belakang kamu haruslah diberi space, kalau tidak pemakaian kimono kamu salah.

Kimono biasanya memang lebih panjang dari tinggi kamu, tapi kamu ngga perlu khawatir, karena pada saat kamu mengenakannya, kamu harus menaikkan kimono pada bagian tengah, cocokkan bagian bawah kimono sejajar dengan mata kaki, dan kemudian mengikatnya dengan seutas tali kain bernama “koshi himo”. Setelah itu, kamu harus merapikan bagian ikatan itu agar terlihat lebih rapi, dan kemudian merapikan bagian dada dari kimono, dan mengikatnya lagi dengan “koshi himo” lainnya.
PENTING: perlu diingat, ketika memakai kimono, pastikan bagian kiri dari kimono harus berada diatas bagian kanan. Jika terbalik, maka akan terlihat seperti orang yang sudah meninggal.

Setelah rapi, yang kamu perlukan adalah “date jime”. Ini adalah sebuah tali dengan karet yang akan mengikat kimono kamu sehingga kimono kamu tidak mudah lepas. Dengan mengikat “date jime” tersebut, ikatan kimono kamu akan semakin kencang, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan jatuh atau terlepas.

Selanjutnya, mengikat obi. Obi diikat dengan bentuk pita pada bagian belakang. Ketika mengikat obi tersebut, kamu memerlukan “obi ita” yang disisipkan dibagian depan perut kamu sehingga bagian depan dari obi kamu tidak kelihatan kerutan dan akan terlihat lebih rapi. Untuk mempercantik obi kamu, tambahkan “kazari himo” ya ^^

Oh iyah, jangan lupa memakai kaus kaki khusus untuk kimono, disebut “tabi”. Kaus kaki ini dipakai bersamaan dengan sendal Jepang bernama “zouri”.

Untuk pria, sangat mudah untuk memakai kimono. Kamu hanya perlu menyiapkan kimono dengan panjang yang sama dengan tinggi kamu. Untuk kimono pria, kamu tidak perlu menaikkan kimono, atau kamu akan terlihat seperti wanita.

Pemakaian untuk kimono pria sama, kamu hanya perlu memakainya dan mengikat dengan koshi himo. Jangan lupa dirapikan yah

Kemudian kamu hanya perlu untuk mengikat obi nya saja, dan memakai jaket khusus untuk kimono “haori”, dan kamu siap untuk berangkat!! Mudah kan????

Untuk memaksimalkan penampilan kamu, siapkan tas kecil “kinchaku” untuk mencocokkan dengan kimono kamu.

Memang sih memakai kimono yang benar itu tidak mudah, tapi sangatlah menarik untuk dipelajari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yah

loading...
Click to comment
To Top