Kenalin Sob!!! Inilah Penyakit Sosial Otaku – WarkopAnime.com
Interest

Kenalin Sob!!! Inilah Penyakit Sosial Otaku

Kali ini akan membahas tentang penyakit-penyakit sosial para otaku. Kehidupan seorang otaku memang sangat menarik dan tidak pernah lepas dari anime atau hal-hal yang berbau Jepang. Penyakit-penyakit ini menurut admin adalah penyakit psikologis yang menyerang para otaku. Kenapa disebut penyakit psikologis? Karena penyakit-penyakit ini mempengaruhi tingkah laku dan kehidupan sosial para otaku.
Penyakit sosial otaku ini ada empat, yaitu: Chuunibyou, Wibu, Nijikon, dan Hikikomori. Keempat penyakit sosial otaku ini adalah yang paling banyak ditemui.

Nijikon

nijikon
Apa itu Nijikon? Nijikon bisa diartikan seseorang yang sangat terobsesi dan jatuh cinta pada karakter dua dimensi atau karakter-karakter fiksi. Sebut saja JONES. Yah, biasanya gejala awal penyakit ini ngaku-ngaku bahwa suatu karakter anime itu adalah waifu-nya atau husbando untuk para cewek.Orang yang terjangkit Nijikon akan sangat mencintai karakter fiksi yang disukai, marah-marah jika ada karakter lain yang berani mendekatinya, dan biasanya pergi kemana-mana dengan karakter tersebut (Lihat Gambar diatas). Dalam kasus ekstrim, ada penderita Nijikon yang sama sekali tidak tertarik dengan makhluk nyata dan bahkan sampai menikahi karakter fiksi yang dia cintai.

Wibu

Wibu
Wibu memang berasal dari otaku. Tetapi otaku belum tentu adalah seorang wibu. Wibu berada pada tingkat saat seorang otaku sangat mendedikasikan dirinya terlalu berlebihan terhadap hal-hal yang berbau Jepang. Orang yang disebut wibu adalah mereka yang mendewakan segala sesuatu tentang Jepang. Pokoknya segala sesuatu tentang Jepang menurut mereka sangat terbaik lah! Jika ada yang berani sedikit saja mengkritik sesuatu tentang Jepang pasti mereka bakalan maju membelanya mati-matian.

Hikikomori

Hikikomori
Hikikomori adalah istilah jepang untuk seorang yang anti sosial.Hikikomori cenderung penarikan diri secara ekstrim, mereka mengisolasi diri dalam kamar dalam jangka waktu yang sangat lama. Tipikalnya, pelaku Hikikomori tenggelam dalam game,tayangan televisi atau komputer di dalam kamar hingga hampir-hampir tidak pernah tidur,bahkan sampai tidak ingin sekolah. Perilaku ini dapat berujung pada gangguan psikologis seperti schizoprenia
Penyebab dari Hikikomori ini ada banyak, salah satunya yaitu rasa trauma yang hebat yang dialami penderita saat berada di masyarakat.

Chuunibyou

Chuunibyou
Chuunibyou secara kasar bisa diartikan sebagai ‘sindrom kelas 2 SMP’. Disebut sindrom kelas 2 SMP karena biasanya menjangkit anak-anak yang menginjak umur 14 tahun atau kelas 2 SMP tetapi saat ini tidak ada batasan umur soal penyakit ini. Admin yakin kalian sendiri termasuk admin juga pasti pernah mengalami penyakit ini. Chuunibyou adalah saat kalian bertingkah seolah-olah menjadi salah satu karakter anime favorite kalian. Contoh : Si Otong sangat menyukai Naruto, dia sering bertingkah seperti sedang mengeluarkan Rasengan di tangannya, dan akan mengikuti cara berlari seorang ninja. Imajinasi seorang chuunibyou sangat tinggi. Saat mereka sembuh,mereka akan merasa malu dengan masa lalunya yang dihabiskan dengan menjadi seorang chuunibyou. Tetapi positif dari chuunibyou ini adalah orang yang memiliki penyakit ini sangat cocok untuk berakting/bermain teater.
loading...
Click to comment
To Top