Sebelum Makan Sushi Kenali Dulu Beberapa Faktanya Nih – WarkopAnime.com
Culture

Sebelum Makan Sushi Kenali Dulu Beberapa Faktanya Nih

WARKOPANIME.COM – Dari sekian banyak makanan khas Jepang, sushi menjadi salah satu sajian kuliner yang populer dan banyak peminatnya. Bila biasanya cuma menyantap saja, sekarang kamu bisa tahu beberapa fakta mengenai kuliner sushi ini. Simak baik-baik, ya.

Jenis-jenis Sushi

Sushi sebenarnya ada banyak sekali macamnya. Tapi agar lebih memudahkan, kuliner khas Jepang ini dapat dibagi menjadi empat kelompok besar. Apa saja?

Makizushi

02

Foto: fanpop.com

Jenis kuliner sushi ini diolah dengan cara digulung baik secara tradisional menggunakan tangan ataupun menggunakan alat khusus. Bentuknya pun beragam. Ada yang dibentuk menjadi ke dalam gulungan tebal, ada juga yang tipis-tipis. Nah, perbedaan metode penggulungan itu menciptakan subkategori baru.

Futomaki adalah makizushi yang dibentuk menjadi gulungan tebal. Hosomaki adalah makizushi yang digulung tipis-tipis. Ehomaki adalah makizushi yang berisikan tujuh bahan yang dianggap pembawa keberuntungan. Sedangkan temaki adalah makizushi yang dibentuk menyerupai cone es krim.

Narezushi

03

Foto: kahans.com

Narezushi merupakan sajian kuliner sushi klasik yang dibuat melalui proses fermentasi. Pengolahannya bisa makan waktu enam bulan. Karena itu, narezushi terbilang sushi yang langka dan mahal harganya.

Chirashizushi

04

Foto: houstonpress.com

Chirashizushi adalah nasi bahan baku sushi yang dihidangkan di dalam mangkuk berisikan daging ikan mentah dan berbagai sayur mayur. Nggak ada aturan khusus penyajiannya, sesuka hati pembuatnya atau sesuai permintaan saja.

Nigirizushi

05

Foto: house-sushi.com

Nigirizushi merupakan sushi yang dibuat dengan cara ditekan-tekan menggunakan tangan. Bentuknya biasanya lonjong dan muat untuk satu suapan, disajikan dengan cara berpasangan.

Memesan Menu Sushi

06

Foto: pbs.org

Untuk menikmati sushi ternyata ada caranya tersendiri lho. Apalagi jika kamu memesan dengan ragam yang cukup banyak. Idealnya, santaplah sushi yang rasa ikannya ringan. Baru setelah itu mencicipi kuliner sushi dengan rasa ikan yang lebih berat.

Kalau masih ragu harus lebih dulu makan sushi yang mana, perhatikan saja warna daging ikannya. Jatuhkan pilihan pertama pada sushi yang daging ikannya berwarna putih, lalu yang agak gelap, kemudian nikmati sushi yang daging ikannya berwarna merah, dan ditutup dengan sushi yang terbuat dari ikan salmon.

Sushi yang terbuat dari telur dapat kamu jadikan dessert, sedangkan sushi berprotein tinggi yang terbuat dari telur ikan sebagai menu penutup. Beri kode kepada koki atau pelayan bahwa kita mengakhiri pesanan.

Cara Makan Sushi

07

Foto: wtop.com

Makan sushi tentu saja tidak seperti memakan mie. Kita harus memperhatikan bagaimana cara memegang sumpit supaya tidak merusak bentuk sushi yang akan kita santap.

Oh iya, perhatikan juga etika saat memisahkan sumpit. Setelah memisahkan sumpitmu menjadi dua, jangan menggosoknya seperti kebiasaanmu di rumah atau di tempat manapun. Menggosok-gosok seperti itu bisa menyinggung hati koki atau pemilik restoran. Nanti disangkanya, alat makan kepunyaan mereka itu tidak bersih.

Kalau kamu merasa kesulitan ketika menggunakan sumpit untuk menikmati hidangan sushi-mu, jangan ragu untuk menggunakan tangan secara langsung. Orang-orang Jepang tradisional tidak menggunakan sumpit juga kok ketika makan sushi.

Satu lagi, bagian sushi yang harusnya terkena kecap asin bukanlah nasi tetapi topping ikannya. Jadi untuk yang selama ini salah ketika makan sushi bisa mulai diperbaiki ya.

loading...
Click to comment
To Top