Ternyata sob… Honda Motor Pertama Didunia!!! Inilah Sejarahnya Serta Penampakannya – WarkopAnime.com
Interest

Ternyata sob… Honda Motor Pertama Didunia!!! Inilah Sejarahnya Serta Penampakannya

Tahukah Anda motor apa yang diproduksi oleh Honda pertama kali? Sepeda motor Honda tipe cub atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan istilah bebek, pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1957. Sepeda motor yang kini begitu tenar di Asia, dan bisa dibilang menjadi titik awal revolusi sepeda motor di dunia.Pada bulan Oktober 1946, setelah perang Jepang sangat kekurangan bensin. Kondisi ekonomi negara tersebut porak poranda hingga Soichiro Honda (pendiri Honda) menjual mobilnya akibat krisis moneter yang membungkam tawa rakyat Jepang. Kala itu belum ada pabrik Honda. Soichiro menafkahi keluarganya dengan uang hasil menjual mobil. Kemudian dia mulai bermain dengan sepeda ‘onthel’-nya. Mungkin karena otaknya yang penuh dengan mesin, akhirnya dia memutuskan untuk menambahkan mesin pada sepeda tersebut.

Ternyata hasil kreasi isengnya tersebut justru disukai para tetangga. Sehingga dia memproduksi dalam jumlah banyak sepeda dengan motor sederhana. Kelangkaan bensin yang melanda Jepang pun tak menjadi alasan, Soichiro menggunakan terpentin (bahan cair berwarna kuning muda hingga coklat yang diperoleh dari olahan getah berbagai pohon pinus). Penggunaannya pun tidak bisa menggunakan starter, melainkan harus digenjot dulu baru mesin menyala. Kendaraan sederhana tersebut akhirnya menjadi cikal bakal motor Honda pertama. Karena permintaan tinggi, Soichiro kehabisan stock hingga akhirnya dia memutuskan untuk mendirikan pabrik untuk menuruti permintaan pasar.

Masuk bulan Februari 1957 pengembangan desain bodi dilakukan. Soichiro Honda, pendiri Honda cukup konsen masalah desainnya. Bahkan Soichiro berpesan supaya desainnya dibuat kompak dan nyaman sehingga cocok dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu tantangan kenyamanan adalah ketika Honda memilih lingkar roda 17 inci. Diameter roda ini dipilih karena saat itu masih banyak jalanan di Jepang yang belum diaspal.

honda

Foto Int Penampakan Generasi Pertama Motor Honda: Source Google Image

Masalahnya adalah tidak ada produsen ban besar di Jepang yang membuat ukuran khusus hanya untuk satu jenis sepeda motor. Untungnya Honda menemukan satu suplayer yang mau membuat ukuran khusus untuk Honda.

Akhirnya pada tahun 1958, Bebek Honda pertama resmi dijual masal dengan nama Super Cub C100, dan dijual dengan harga 55 ribu Yen. Setahun kemudian motor ini masuk ke pasar Amerika dan kemudian menyusul di Eropa pada 1961. Genre ini pun berlanjut hingga saat ini. Bahkan di Indonesia, bebek masih cukup digemari. Sejak bulan Januari hingga Juli 2010 saja sudah terjual 2.050.656 unit.

loading...
Click to comment
To Top