Yang Hoby Download Game Android Wajib Waspada! Game Ini Ternyata Isinya Virus Berbahaya – WarkopAnime.com
Game

Yang Hoby Download Game Android Wajib Waspada! Game Ini Ternyata Isinya Virus Berbahaya

SI RAJA jahil memang pantas diberikan untuk para Hacker jahat. Ada aja ulah mereka untuk mengganggu kenyamanan penguna gadget lewat virus-virus yang mereka tanam. Pengguna diwajibkan hati-hati dalam mengunduh game-game android, karena bisa saja, salah satu dari game itu adalah  virus berbahaya.

Baru-baru ini perusahaan software antivirus Kaspersky menemukan virus Trojan jenis baru yang sengaja dikamuflase menjadi sebuah game. Nama aplikasi tersebut adala Tic Tac Toe.

tic tok toe

begini bentuk virus Gomal Trojan baru yang berkamuflase menjadi game

Cara kerja Malware ini adalah mengumpulkan inforamasi tentang perangkat yang diinfeksikan kemudian meneruskannya ke semua data server utama. Kaspersky menyebutnya sebagai malware Trojan Gomal.

Bahanya, Trojan Gomal ini bisa mencuri SMS yang kita kirim dan merekam panggilan telpon.

Selain itu, malware ini juga memiliki mekanisme yang menyediakan akses ke berbagai layanan Linux dan menyerang sistem operasi berbasis Android. Secara khusus, Trojan dapat membaca memori dan membahayakan banyak aplikasi komunikasi.

Sebagai contoh, Trojan Gomal dapat mencuri email dari aplikasi Good for Enterprise. Aplikasi ini diposisikan sebagai layanan email yang aman digunakan oleh perusahaan, sehingga pencurian data dari aplikasi ini merupakan masalah serius bagi perusahaan dimana pemilik perangkat Android tersebut bekerja.

“Permainan Tic Tac Toe yang tampaknya tidak berbahaya ternyata memberikan penjahatcyber akses ke sejumlah besar data pribadi dari pengguna perangkat Android serta data perusahaan tempat pengguna bekerja,” kata Anton Kivva, analis antivirus di Kaspersky Lab melalui keterangan resminya.

Teknik yang digunakan oleh Gomal, kata Anton, awalnya diterapkan pada Trojans Windows, tapi sekarang telah berpindah ke malware Android. Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah bahwa teknik ini dapat menyesuaikan diri untuk mencuri data dari aplikasi lain termasuk juga dari Good for Enterprise.

loading...
Click to comment
To Top